Banjir Bandang Terjang Beberapa Desa di Tanggamus Lampung

JagatBisnis.com –  Bencana banjir bandang terjadi di Tanggamus, Lampung pada Kamis (29/6) kemarin bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Banjir bandang ini disebabkan hujan deras yang turun di wilayah tersebut. Akibat banjir bandang ini sejumlah pekon (desa) di Tanggamus, Lampung terdampak.

Pasca bencana banjir itu, Bupati Tanggamus Dewi Handajani melakukan peninjauan ke sejumlah pekon yang terdampak seperti Pekon Way Kerap, Pekon Sukaraja, dan Pekon Srikaton.

Dalam tinjauannya itu, Bupati Tanggamus Dewi Handajani juga memberikan bantuan serta dukungan kepada masyarakat yang terdampak.

“Dalam situasi sulit seperti ini, solidaritas dan kepedulian adalah hal-hal yang paling dibutuhkan,” kata Bupati Tanggamus Dewi Handajani seperti dikutip dari caption unggahan di Instagramnya.

Baca Juga :   Banjir bandang di kawasan Sembahe dan Sibolangit

Dewi mengatakan, dalam tinjauannya di Pekon Sukaraja, ada beberapa rumah warga yang hanyut terbawa banjir.

“Saya menyampaikan bantuan bedah rumah kepada warga, agar tempat tinggalnya dapat segera dipulihkan,” ujarnya.

Dia juga meminta doa dan dukungan semua pihak agar para warga yang terdampak banjir di Tanggamus diberikan kesabaran atas musibah yang terjadi.

“Mengingat bencana yang terjadi ini, kita harus terus memperhatikan aspek jangka panjang, seperti mitigasi risiko banjir, untuk melindungi masyarakat di masa depan,” jelasnya.

Baca Juga :   Ratusan Orang di Wajo Terdampak Banjir Bandang

“Bantuan dan dukungan kita sangat berarti bagi masyarakat yang terdampak. Bersama-sama, kita akan melalui masa sulit ini,” sambungnya.

Sementara itu, Humas Basarnas Lampung Deni Kurniawan mengatakan, tim Rescue Pos SAR Tanggamus juga turun langsung ke lokasi banjir untuk memberikan bantuan dan evakuasi kepada warga yang terdampak.

Salah satunya di Pekon Way Liwok, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus.

“Personel tim Rescue Pos SAR Tanggamus turun ikut membantu proses evakuasi warga di Pekon Way Liwok. Tadi pagi banjir di pekon tersebut sudah berangsur surut,” kata Humas Basarnas Lampung Deni Kurniawan saat dihubungi pada Jumat (30/6) pagi.

Baca Juga :   2 Kecamatan di Cianjur Diterjang Banjir Bandang

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah pekon dan masyarakat yang terdampak banjir di Tanggamus, Lampung.

Pihak BPBD Tanggamus masih fokus melakukan evaluasi terhadap warga yang terdampak bencana banjir tersebut, termasuk melakukan pembersihan material di Jalan Lintas Barat yang ikut terdampak akibat bencana banjir.

“Kami lagi fokus pembersihan sedimen di Jalan Lintas Barat,” kata Fungsional Pelaksana Penanggulangan Bencana BPBD Tanggamus, Lampung, Budiman saat dihubungi.  (tia)

MIXADVERT JASAPRO