Selain Istana, Bandara Juga Sedang Dikebut Pembangunannya Di IKN

JagatBisnis.com –    Ibu Kota Negara baru yang berada di pulau Kalimantan ini sedang dalam proyek pembangunan secara bertahap selain Istana juga bandara yang menjadikan hal vital bagi terbentuknya suatu ibukota negara. Seperti dalam Perpres yang beberapa waktu lalu diterbitkan
“Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person (VVIP) untuk Mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” demikian judul Perpres yang salinannya diperlihatkan pada Minggu (11/6).

Dalam Pasal 3 Perpres yang diteken Presiden Jokowi pasa 6 Juni 2023 itu, disebutkan pembangunan Bandara VVIP berlokasi di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Untuk melaksanakan percepatan pembangunan dan pengoperasian bandara, Presiden menugaskan Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan (Menhub).

Dalam Perpres tersebut juga dirinci, paket-paket pekerjaan pembangunan Bandara VVIP yang harus dibangun. Yakni meliputi:
a. fasilitas keselamatan dan keamanan;
b. fasilitas sisi udara meliputi landas pacu, runway strip, Runway End Safety Area (RESA), stopway, clearway, landasan hubung (taxiway), dan landasan parkir;
c. fasilitas sisi darat, termasuk jalan di dalam kawasan; dan
d. jalan akses menuju Bandar Udara VVIP.
Meski judul Perpres mencantumkan percepatan pembangunan dan operasional bandara, namun di dalamnya Presiden Jokowi tak menetapkan batas waktu dimulainya pembangunan atau pengoperasian bandara.
Sedangkan, pengadaan tanah untuk pembangunan Bandar Udara VVIP​​​​​​​, berasal dari tanah yang disediakan oleh Badan Bank Tanah.
Ditargetkan Mulai Dibangun Juni
Perencanaan pembangunan Bandara VVIP di IKN Nusantara sebelumnya sudah beberapa kali dibahas dalam rapat yang dipimpin Presiden Jokowi.

Baca Juga :   17 Negara Berminat Berinvestasi Di IKN

Termasuk rapat internal pada 24 Maret 2023 lalu.
Usai rapat tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi, menjelaskan Bandara VIP di IKN Nusantara segera dibangun. Ia mengatakan sudah membicarakan detail pembangunan bandara sudah dibahas bersama Kementerian PUPR.

Baca Juga :   Otorita IKN Nusantara Minta Masukan Publik Soal Tata Ruang Ibu Kota Baru

“Saya sudah melapor ke Pak Presiden Jokowi bahwa Bandara VIP di IKN akan kita bangun. Kami bersama dengan Kementerian PU (PUPR) sudah melakukan satu pembahasan,” kata Budi Karya usai ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/3).

Baca Juga :   52.000 Akan Ditanam Sepanjang Tol IKN

Kita akan mencari kontraktor yang terbaik dan insyaallah pada Mei atau Juni sudah bisa efektif. Saya kira 15 km atau 10 km dari IKN (jaraknya),” tambahnya.

Budi Karya mengungkapkan pembangunan bandara di IKN Nusantara tersebut bisa dimulai dengan investasi di tahap awal. Setelah itu investor masuk dalam tahap pembangunan. Misalnya GMR Airports yakni operator bandara asal India memenangkan tender pengelolaan Bandara Kualanamu Medan. (den)

MIXADVERT JASAPRO