Kapolda Papua Libatkan Pihak Gereja untuk Cari Pilot Susi Air

Ilustrasi Pilot Susi Air Disandera Foto: Detikcom

JagatBisnis.com –  Keberadaan Captain Philip Mehrtens, pilot pesawat Susi Air, yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua, Egianus Kogoya hingga saat ini belum ditemukan. Philip diculik sejak 7 Februari atau hampir 4 bulan lamanya.

Terbaru, Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri mengatakan, pihaknya akan melibatkan pihak gereja untuk bernegosiasi dengan KKB.

“Saya berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi ini termasuk dengan pihak gereja yang di dalamnya ada Dewan Gereja dan Uskup yang akan semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya untuk bisa melepas pilot yang dibawanya,” kata Mathius lewat keterangannya, Kamis (25/5).

Baca Juga :   Cerita Mantri di Kiwirok Soal Kebiadaban KKB terhadap Suster Gabriela

Mathius menuturkan, selain pihak gereja juga akan dilibatkan pemerintah Nduga, Komnas HAM dan pihak lain yang mau terlibat dalam upaya pembebasan

Baca Juga :   Pasukan TNI-Polri Dikirim ke Ilaga Buru KKB

“Tentunya negosiasi bisa dilakukan dengan siapa saja, saya membuka diri untuk semua pihak, yang dari awal yakni pihak pemerintah Nduga bekerja sama dengan kapolres kemudian ada juga pihak dari Komnas HAM yang menawarkan diri dan kami terima,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Fakhiri menyebut, pihak gereja dan yang terlibat dalam upaya negosiasi akan tergabung dalam tim khusus. Mereka juga akan didampingi Satgas Damai Cartenz.

Baca Juga :   Brigjen Rusdi Beberkan Cara Agar KKB Tak Ganggu PON Papua

“Saya berharap negosiasi tersebut menghasilkan hasil yang baik, kita memberikan kesempatan kepada kelompok Egianus bisa mengembalikan pilot melalui jalur negosiasi secara baik. Semua sedang berjalan dan dari pihak gereja nantinya akan kita bantu salah satunya pihak Gereja Kingmi yang nantinya akan mengutus orang kepercayaannya untuk melakukan negosiasi tersebut,” pungkasnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO