Kemendag: Ternyata Indomie yang Ditarik Taiwan Sama Seperti yang Dijual di Indonesia

JagatBisnis.comSebagai makanan favoritnya sejuta umat, tentu kabar bermasalahnya mi instan merek Indomie terus menjadi perbincangan. Terbaru, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan, jika Indomie rasa Ayam Spesial yang disebut Taiwan mengandung zat karsinogenik etilen oksida pemicu kanker adalah produk Indomie yang sama dengan yang dijual dan menggunakan standar Indonesia.

Baca Juga :   Kemendag Gandeng TNI, Kirim Stok Minyak Goreng ke Indonesia Timur

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengatakan, produk mie instan tersebut diimpor distributor tidak resmi ke Taiwan, yaitu para diaspora. Sehingga, memang belum disesuaikan dengan standar Taiwan.

“Yang masalah itu yang diimpor oleh individu-individu, karena banyak orang Indonesia impor macam-macam. Salah satunya Indomie ini. Padahal, Indomie yang standar Indonesia. Memang jadinya berbeda standarnya,” kata Didi di Jakarta, Senin (8/5/2023).

Baca Juga :   Diajak Rapat Mengenai Pembayaran Hutang Migor, Kemendag Tidak Hadir

Dia menjelaskan, jika mie instan yang diimpor oleh distributor resmi Taiwan telah disesuaikan dengan standarnya. Sehingga tidak bermasalah. Namum, ia tidak mau berkomentar untuk produk yang menggunakan standar Indonesia dan mengandung zat berbahaya bagi tubuh.
Menurutnya, hal itu merupakan ranah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga :   Pantau Ekspor Minyak Goreng, Mendag Siapkan Aturan Baru

“Kami yakin dengan adanya masalah ini, Taiwan tidak akan menutup pintu ekspor Indomie dari Indonesia meskipun ditemukan zat pemicu kanker. Sebab, hal yang sama memang kerap terjadi,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO