Hadapi Cuaca Panas El Nino, Pemerintah Jaga Stabilitas Pangan

JagatBisnis.comBadan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan kondisi stok beras di Indonesia aman dalam menghadapi fenomena El Nino yang membuat suhu udara lebih panas dan bisa memicu kekeringan. Antisipasi dilakukan mulai dari menyiapkan stok beras hingga pemberian stimulus bantuan pangan.

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan, saat ini telah ada stok 362 ribu ton beras yang disiapkan pemerintah melalui Bulog untuk mengantisipasi fenomena El Nino yang diproyeksikan datang pada Agustus. Dipastikan Indonesia siap menghadapi fenomena El Nino dalam beberapa bulan ke depan.

“Stok aman, posisi stok hari ini 362 ribu ton ada di Bulog. Sebanyak 200 ribu ton itu panen dari dalam negeri, sudah hasil serapan. Jadi bantuan pangan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, itu, sudah dari dalam negeri,” katanya ditemui saat kunjungan kerjanya di Malang, Jawa Timur, Sabtu (6/5/2023).

Dia menjelaskan, untuk mendorong kestabilan harga dan stok beras pemerintah juga baru saja menaikkan harga beli padi dari petani menjadi Rp9.950 per kg, dari sebelumnya Rp8.300 per kg. Pemerintah juga terus mengontrol kestabilan harga di hilir atau di pasaran.

“Di hilir, sementara untuk Harga Eceran Tertinggi (HET), ditingkatkan dari Rp12.800 per kg, menjadi Rp13.900 per kg. Hal itu dilakukan karena ada faktor produksi, seperti kenaikan harga BBM, hari orang kerja, kenaikan harga pupuk. Semua itu sudah kita hitung bersama. Sehingga hari ini adalah harga keseimbangan baru. Tidak mungkin lagi harganya sama dengan tahun lalu,” tegasnya.

Menurut Arief, perlu meningkatkan daya beli masyarakat di tengah gejolak ekonomi yang masih melanda. Salah satu caranya melalui bantuan pangan, berupa beras selama tiga bulan, mulai 31 Maret hingga Mei 2023 nanti.

“Presiden memerintahkan untuk memberikan bantuan pangan dalam bentuk beras selama 3 bulan. Jadi, tiga bulan ini, akan diberikan kepada 21,353 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), data dari Kemensos. Selain itu, Bulog juga diminta menyiapkan beras tersebut masing-masing 10 kg selama tiga bulan ke depan,” pungkas Arief. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO