KKB Minta Selandia Baru Jadi Mediator Pembebasan Pilot Susi Air

JagatBisnis.comKelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), meminta pemerintah Selandia Baru untuk menengahi dan memulai negosiasi pembebasan pilot Susi Air, Philip Mehrtens. Mereka juga mendesak pihak berwenang di Indonesia untuk menghentikan operasi militernya di Papua.

Tuntutan itu disampaikan langsung oleh juru bicara kelompok tersebut, Sebby Sambom, dalam video terbaru yang memperlihatkan kondisi Mehrtens yang sudah tiga bulan disandera.

“Kami menekankan, pembebasan pilot harus melalui negosiasi dan bukan melalui operasi militer. Oleh karena itu, Presiden Indonesia Joko Widodo harus segera menghentikan operasi militer di Ndugama. Kalau tidak akan membahayakan nyawa pilot Selandia Baru,” ancam Sambom, seperti dikutip dari CNN, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga :   TNI-Polri Temukan Lokasi Penyanderaan Pilot Susi Air

Sebelumnya, KKB merilis sebuah video yang memperlihatkan kondisi Mehrtens yang diculik saat mendaratkan pesawat charter komersial Susi Air di Bandara Paro di dataran tinggi terpencil di Kabupaten Nduga pada Februari lalu.

Baca Juga :   25 Warga Paro Dievakuasi TNI dan Polri untuk Cegah Teror KKB

Dalam video berdurasi 1,5 menit itu, Mehrtens tampak mengenakan kaus hitam dan celana pendek. Ia duduk di antara dua pria Papua tak bersenjata. Ia berbicara dengan tenang di depan kamera, pertama dalam bahasa Indonesia dan kemudian bahasa Inggris. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO