Persiapan Matang Polri Untuk Menyambut Pemudik Di Jalanan

JagatBisnis.comBukan hanya masyarakat saja yang saat ini sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke daerahnya masing-masing, pihak Kepolisian pun sudah melakukan persiapan matang untuk mengatur Lalu Lintas dari kota asal sampai kota tujuan pulang pergi agar perjalanan mudik menjadi lancar dan nyaman.

Polri menyiapkan sebanyak 919 pos pengamanan (pospam) dan 325 pos pelayanan (posyan) yang tersebar di Jawa dan Sumatera pada Operasi Ketupat tahun 2023.

Hal itu dilakukan buntut prediksi Polri yang menyebutkan bahwa jumlah pemudik akan meningkat dibanding tahun sebelumnya, yakni sekitar 123,8 juta orang.

Baca Juga :   Prediksi Padatnya Tol Trans Jawa Saat Mudik

“Kita harap masyarakat yang akan mudik untuk mempersiapkan segalanya, terutama kesehatan jasmani dan juga kesehatan kendaraan. Sehingga selamat sampai di kampung halaman,” ucap Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, Minggu (2/4/2023).
Disampaikan Sandi, untuk Polda Metro Jaya akan disiapkan sebanyak 76 pos pengamanan dan 16 pos pelayanan, sedangkan di trans Jawa, Polda Banten siapkan 16 pos Pengamanan dan 4 pos pelayanan.
Sementara itu, Polda Jawa Barat menyiapkan 227 pos pengamanan dan 53 pos pelayanan, untuk Polda Jateng ada 167 pos pengamanan dan 55 pos pelayanan.

Baca Juga :   Daftar Mudik Gratis 2023 Bus Kemenhub Resmi Dibuka

Kemudian, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada 16 pos pengamanan dan 6 pos pelayanan dan Polda Jawa Timur menyiapkan 160 pos pengamanan dan 57 pos pelayanan.
Untuk jumlah pos pengamanan di jalan tol trans Sumatera ada 247 pos dan 134 pos pelayanan,” ucapnya.

Baca Juga :   Mudik 2023, Polri akan Berlakukan “One Way” dan “Contra Flow”

Sandi memprediksi, tujuan pemudik paling banyak adalah ke Jawa Tengah yakni sebanyak 32,75 juta orang.

“Pemudik ke Jawa Timur 24,6 juta oang, Jabodetabek 8,07 juta orang, Jawa Barat 14,9 juta orang dan Yogyakarta 5,9 juta orang,” tuturnya.
Nantinya, pemudik diprediksi akan lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. (den)

MIXADVERT JASAPRO