Setelah Gempa, Turki Tak Akan Izinkan Masuknya Arus Baru Pengungsi Suriah

JagatBisnis.com –  Turki tidak akan mengizinkan masuknya pengungsi baru dari Suriah setelah gempa dahsyat pekan lalu. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, dikutip Selasa (14/2/2023).

“Klaim bahwa ada gelombang baru pengungsi dari Suriah ke Turki setelah gempa, tidak benar. Kami tidak akan membiarkan itu. Karena hal itu tidak perlu dipertanyakan lagi,” kata Cavusoglu pada konferensi pers di Ankara, seperti dikutip dari Reuters.

Cavusoglu menilai, klaim warga Suriah membanjiri Turki setelah gempa berkekuatan 7,8 Senin lalu, yang telah menewaskan lebih dari 37.000 orang di kedua negara. Karena bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang dikuasai pemberontak Suriah dikirim melalui perbatasan Bab al Hawa dan Turki siap untuk membuka dua penyeberangan perbatasan baru dari provinsi Kilis setelah gempa.

Baca Juga :   Sejumlah Warisan Budaya dan Sejarah di Turki Rusak akibat Gempa

“Semua penyeberangan perbatasan ini untuk bantuan kemanusiaan. Itu tidak berarti warga Suriah datang ke Turki melalui penyeberangan ini. Kami memfasilitasi bantuan kemanusiaan untuk warga Suriah, tetapi kami tidak mengizinkan masuknya pengungsi Suriah yang baru. Ini adalah dua masalah yang terpisah,” tegasnya. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO