Sejumlah Warisan Budaya dan Sejarah di Turki Rusak akibat Gempa

JagatBisnis.com –   Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menyuarakan keprihatinan atas kerusakan situs warisan di Suriah dan Turki. UNESCO pun berjanji untuk membantu dua negara yang dilanda gempa itu.

Seperti dilansir dari lXinhua, Sabtu (11/2/2023), menyusul survei awal situs warisan yang dilakukan dengan otoritas setempat, UNESCO prihatin dengan situasi di Kota Kuno Aleppo, Suriah yang terdaftar sebagai ‘Warisan Dunia dalam Bahaya’.

Sementara di Türki, beberapa bangunan di Kota Diyarbakir, runtuh. Kota ini merupakan lokasi situs Warisan Dunia ‘Benteng Diyarbakir dan Lanskap Budaya Taman Hevsel’, pusat penting selama periode Romawi, Sassanid, Bizantium, Islam, dan Ottoman.

Baca Juga :   Di Tengah Pandemi, Turis Indonesia Pilih Wisata ke Turki

Pakar UNESCO bekerja sama dengan otoritas lokal sekarang bekerja untuk membuat inventarisasi kerusakan yang akurat di situs-situs dalam Daftar Warisan Dunia.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia Meningkat Terbanyak dari Perjalanan Saudi-Turki

“Belasungkawa saya sampaikan kepada keluarga dan orang terkasih dari mereka yang meninggal. Doa saya juga untuk mereka yang terluka dan semua yang terkena dampak. Organisasi kami akan memberikan bantuan berdasarkan mandatnya,” kata Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO