Pastikan Pangan Jelang Ramadhan, Kementan Terjunkan Tim Khusus

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok kebutuhan pangan di daerah cukup terpenuhi menjelang Ramadhan tahun ini. Untuk itu, Kementan menginstruksikan agar jajarannya di seluruh provinsi dan kabupaten/kota agar mengecek langsung ketersediaan bahan pangan di pasar. Langkah itu, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya akan menerjunkan tim khusus untuk memastikan harga pangan pokok dan ketersediaan stok jelang Ramadhan 2023 tetap aman. Maka, pihaknya mengajak semua pihak menjaga pasokan dan harga pangan jelang hari besar keagamaan tahun ini.

“Kami melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) sudah melakukan peninjauan harga dan pasokan sejumlah komoditas di beberapa daerah. Salah satunya di Sumatera Selatan (Sumsel). Peninjauan itu dilakukan pada Minggu (12/2/2023) di Pasar Alang Alang Lebar, Palembang,” kata Syahrul.

Baca Juga :   Indonesia Miliki Kelebihan Stok Beras, Bisa Diekspor

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti menambahkanD adapun pemantauan ini dilakukan terhadap 12 bahan pangan pokok termasuk beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula, dan minyak goreng.

Baca Juga :   Wabah PMK, Hewan Ternak di 5 Daerah Dilarang Keluar Kandang

“Hasilnya, sejauh ini harga 12 kebutuhan pangan pokok dan ketersediaan terbilang aman, meski ada sedikit perbedaan harga dari satu kios dengan kios lainnya. Perbedaan itu dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti ketersediaan barang, kondisi barang serta kondisi kios pedagang dan faktor lainnya,” terangnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO