HET Beras Bakal Naik Permanen: Harga Baru Beras Medium dan Premium Akan Segera Ditetapkan!

JagatBisnis.com, Jakarta – Kabar terbaru bagi masyarakat Indonesia! Harga Eceran Tertinggi (HET) beras diprediksi akan naik secara permanen setelah 31 Mei 2024. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Nasution, yang menyatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan peraturan Badan (Perbadan) untuk menetapkan harga baru beras medium dan premium.

Baca Juga :   Jokowi Meminta Penyaluran Beras Lancar untuk Normalkan Harga

Sebelumnya, pemerintah telah memperpanjang relaksasi HET beras dua kali, yaitu hingga 24 April dan 31 Mei 2024. Penetapan HET permanen ini bertujuan untuk menjaga stabilitas harga beras di pasaran dan memberikan kepastian harga bagi petani dan konsumen.

Arief Nasution menjelaskan bahwa harga baru beras medium kemungkinan akan berada di sekitar Rp 13.200 per kilogram, sedangkan beras premium di sekitar Rp 14.200 per kilogram. Penetapan harga ini mempertimbangkan berbagai faktor, seperti biaya produksi, harga gabah di tingkat petani, dan inflasi.

Baca Juga :   Harga Referensi CPO dan Biji Kakao Menguat di April 2024, Peluang Baik Bagi Petani

Masyarakat perlu bersiap dengan potensi kenaikan harga beras ini. Namun, pemerintah juga memastikan akan terus melakukan langkah-langkah strategis untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga beras, seperti operasi pasar, bantuan sosial, dan peningkatan produksi beras.

Baca Juga :   Bawang Putih Makin Pedas Jelang Lebaran, Harga Tembus Rp 50 Ribu per Kg!

(tia)

MIXADVERT JASAPRO