PBB: Tingkat Kelaparan di Suriah Melonjak ke Rekor Tertinggi

JagatBisnis.comProgram Pangan Dunia (WFP) PBB telah memperingatkan bahwa tingkat kelaparan di Suriah telah melonjak ke rekor tertinggi. Ini terjadi setelah lebih dari satu dekade konflik yang menghancurkan.

“Perang brutal yang memicu krisis ekonomi selama bertahun-tahun dan merusak infrastruktur vital telah membuat 2,9 juta orang terancam kelaparan. Sementara 12 juta lainnya tidak tahu dari mana makanan yang dikonsumsi selanjutnya,” kata Direktur Eksekutif WFP, David Beasley, dikutip dari AFP, Senin (30/1/23).

Menurut WFP, kelaparan
melonjak ke level tertinggi dalam 12 tahun di Suriah. Karena 70 persen populasi mungkin akan segera tidak dapat menyediakannya untuk keluarga mereka,” kata pernyataan itu, seperti

Baca Juga :   Kepala Negara dan Diplomat Tak Perlu Tunjukkan Bukti Vaksinasi di Sidang PBB

“Suriah sekarang memiliki jumlah penduduk rawan pangan tertinggi keenam di dunia, dengan harga pangan meningkat hampir 12 kali lipat dalam tiga tahun,” lanjut pernyataan itu.

Baca Juga :   PBB Kecam Pembunuhan Pengunjuk Rasa di Sudan

Malnutrisi anak dan ibu juga meningkat dengan kecepatan yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam lebih dari satu dekade perang.

“Jika komunitas internasional tidak bertindak untuk membantu warga Suriah, mereka berisiko menghadapi gelombang migrasi massal lainnya,” ungkapnya saat berkunjung ke Suriah minggu ini.

Baca Juga :   Wali Kota Perempuan Suriah Ini Bangun Kota yang Dihancurkan ISIS

Untuk itu, pihaknya mendesak negara-negara donor untuk melipatgandakan upaya untuk mencegah bencana yang membayangi ini. Bahkan, PBB memperkirakan 90 persen dari 18 juta orang di Suriah hidup dalam kemiskinan, dengan ekonomi dilanda konflik, kekeringan, kolera dan pandemi Covid serta dampak dari kehancuran finansial di negara tetangga Lebanon.
(*/els)

MIXADVERT JASAPRO