Berikut Fakta tentang Kemampuan Otak Manusia

JagatBisnis.com-Otak tergolong organ tubuh yang paling rumit. Otak memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima sangat banyak informasi. Otak berguna mengatur berbagai fungsi tubuh, menafsirkan informasi sensorik dan memproses emosi. Maka, otak harus dilindungi dan terjaga kesehatannya. Fungsi otak sangat penting karena jaringan dan miliaran sel saraf ada di sana.

Mengutip WebMD, Minggu (8/1/2023), Ahli neuropsikologi Elise Caccappolo menjelaskan, kesehatan otak jarang terabaikan. Terkadang baru menyadari ketika mengalami beberapa perubahan kognitif dan kehilangan memori sebelum usia 60 tahun atau 70 tahun.

Berikut deretan fakta unik otak manusia:

1. Mengutip Northwestern Medicine, 60 persen otak manusia terbuat dari lemak. Organ ini paling gemuk di tubuh manusia. Susunan lemak itu sangat penting untuk kinerja otak. Merujuk publikasi, Essential Fatty Acids and Human Brain, otak sebagai organ paling gemuk di tubuh manusia, asam lemak nyatanya berperan penting.

2. Otak terus berkembang dan terbentuk sampai berusia 25 tahun. Perkembangan otak bertahap. Dimulai dari bagian belakang otak dan ke arah depan. Merujuk Brain Facts, kecerdasan juga mencapai puncaknya pada masa dewasa awal hingga pertengahan, usia 25 tahun hingga 60 tahun.

3. Kapasitas penyimpanan otak manusia dianggap hampir tidak terbatas. Otak manusia terdiri atas 86 miliar neuron. Setiap neuron membentuk koneksi ke sel saraf lain yang bisa berjumlah hingga 1 kuadriliun atau 1.000 triliun   koneksi. Seiring waktu, neuron ini bergabung dan meningkatkan kapasitas penyimpanan.
4. Jaringan otak ukuran butiran pasir mengandung 100 ribu neuron dan 1 miliar sinapsis.

5. Mengutip Healthline, otak manusia semakin mengecil seiring bertambahnya usia. Ini biasanya terjadi beberapa saat setelah usia paruh baya.
6. Otak manusia mulai berkurang kemampuan ingatan dan beberapa keterampilan kognitif pada usia akhir 20-an.

7. Manusia benar-benar menggunakan seluruh otak dalam hidupnya. Saat tidur, manusia menggunakan lebih dari 10 persen kemampuan otak.

8. Merujuk Cleveland Clinic, otak bekerja dengan ketenagaan listrik. Daya listrik cukup untuk menyalakan lampu 25 Watt.

9. Otak adalah bagian tubuh yang paling panas. Suhunya 2,5 derajat Celsius, lebih hangat daripada inti tubuh. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO