Masyarakat Yogya Mulai Berburu STB Usai TV Analog Dimatikan

JagatBisnis.com Siaran TV analog di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah resmi dimatikan sejak Jumat (3/12) pukul 24.00 WIB. Sejumlah masyarakat di Yogya pun mulai memburu set top box (STB), yaitu alat itu untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang ditampilkan di TV analog biasa.

Adam Mardian jadi salah seorang warga Yogyakarta yang mulai berburu STB.

“Mau nggak mau ya harus ikut, karena nyatanya TV analog sudah dimatikan dan sekarang saya ikut-ikutan berburu mencari set top box,” kata Adam dihubungi, Sabtu (3/12).

Baca Juga :   Siaran TV Analog Se-Jabodetabek Telah Dimatikan

Adam tak sendirian, ternyata banyak warga lain yang berburu STB. Alhasil, Adam mendapati harga STB yang mulai naik. Hari ini Adam juga sempat ke sejumlah toko, kondisinya cukup ramai.

“Rupanya harga sudah pada naik, harga Rp 200 ribu bisa sampai Rp 300 ribu bahkan bisa lebih tergantung dari penjualnya,” ujarnya.

Sebagai alternatif, Adam tengah berusaha mencari STB di toko online. Di sisi lain, dia juga masih ragu mendapat STB berkualitas ketika ramai peminat seperti ini.

Baca Juga :   Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box, Begini Caranya

“Masih bingung memilih alat yang bagaimana, yang bisa menjamin acara menonton tidak terganggu sinyal hilang dan lain-lain. Di toko online, risikonya ya kaya beli kucing dalam karung, beda kalau beli di toko, mungkin barangnya bisa dicoba dulu,” jelasnya.

Secara pribadi, Adam mengaku sudah tidak terlalu sering menonton TV. Hanya saja, STB tetap dibutuhkan karena TV masih menjadi sarana hiburan dan informasi orang tuanya.

“Orang tua di rumah yang kebingungan TV kok siarannya hilang semua,” katanya.

Baca Juga :   Mulai 5 Oktober, Siaran TV Analog di Jabodetabek Siap Diputus

Dimatikannya TV analog tak berdampak banyak pada Seto Pangaribowo. Warga Kasihan, Kabupaten Bantul itu selama ini sudah berlangganan internet.

“Kebetulan ada android box bundle langganan internet. Sementara pakai itu dulu,” kata Seto via sambungan telepon.

Namun, dia tetap ada rencana untuk membeli STB. Pasalnya, selama ini orang tuanya mengunakan TV analog dan kebingungan ketika mengoperasikan android box.

“Rencana kemungkinan bakal cari STB soale kalau pakai android box orang tua kesusahan ribet katanya,” jelasnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO