Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box, Begini Caranya

JagatBisnis.com –   Pemadaman siaran TV analog di Jabodetabek dan ratusan daerah lainnya tak lepas dari proses penyaluran dan saran pembelian Set Top Box (STB). Memangnya itu wajib untuk bisa dapat siaran digital?

STB sendiri merupakan alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Namun demikian, ada perangkat TV yang sudah bisa mengakses sinyal digital tanpa memerlukan tambahan STB.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenkominfoDedy Permadi menjelaskan, masyarakat tidak perlu menggunakan alat bantu STB jika TV yang digunakan sudah berbasis digital. Lalu, bagaimana cara mengetahui TV di rumah sudah dapat mengakses digital atau belum? Berikut cara mengecek, apakah TV sudah digital atau belum.

Baca Juga :   Siaran TV Analog Se-Jabodetabek Telah Dimatikan

Periksa fitur HDTV
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek TV sudah digital atau belum adalah dengan memeriksa fitur HDTV yang biasanya terdapat pada bodi TV.Pada TV yang sudah mendukung siaran digital, Anda bisa bisa label maupun jack input built-in HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, dan lainnya,” terangnya.

Baca Juga :   Imbas Siaran Tv Analog Dimatikan, Harga STB Meroket

Cari tahu spesifikasi
Cara lainnya adalah dengan memeriksa spesifikasi TV yang Anda miliki atau yang Anda ingin dibeli. Untuk mengecek itu, Anda cukup memasukkan nomor model televisi Anda di halaman resmi merek TV tersebut atau melakukan pencarian di internet

Cek TV di Situs Kominfo
Selain kedua cara tersebut, Kominfo juga menyediakan laman khusus bagi masyarakat untuk memastikan apakah perangkat TV sudah mendukung siaran digital atau belum.

Pada kolom kategori, pilih opsi “Televisi”. Lalu isi merek dan model sesuai dengan televisi Anda. Jika merek dan tipe TV Anda tertera, berarti perangkat televisi Anda sudah dapat menerima sinyal digital dan tidak memerlukan STB lagi.

Baca Juga :   Siaran TV Analog Dimatikan, Penjualan Set Top Box Melonjak 2,5 Kali Lipat

Cari saluran digital
Cara terakhir dan paling mudah untuk mengetahui TV sudah digital atau masih analog adalah dengan mengetesnya. Anda tinggal cari atau search channel dengan remote TV . Jika muncul pilihan DTV atau channel digital, berarti televisi Anda sudah bisa terima siaran digital. Kalau tidak ada sama sekali, sudah dipastikan adalah TV analog karena televisi Anda tidak dapat menangkap channel TV digital. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO