Siaran TV Analog Se-Jabodetabek Telah Dimatikan

JagatBisnis.com –  Siaran tv Analog untuk area Jabodetabek telah dimatikan sejak kemarin Kamis (4/11/2022) dan kini beralih ke tv Digital. Hal ini menyebabkan pro dan kontra di masyarakat, namun fans animasi asal Jepang atau Anime jadi teringat suatu adegan di serial Naruto Shippuden. Seperti Apa?

Dalam video yang dibagikan oleh @akunkutriplea pada 3 November 2022, pemilik akun merekam tampilan pada layar televisinya yang tengah menanyangkan acara switch off siaran tv analog.

Siaran tersebut memperlihatkan hitung mundur ketika stasiun tv di Indonesia mulai menonaktifkan siaran untuk tv analog di Jabodetabek.

Baca Juga :   Siaran TV Analog Dimatikan, Penjualan Set Top Box Melonjak 2,5 Kali Lipat

Hal tersebut sontak mengingatkan di mana karakter anime Sakura dan Yamato mengkampanyekan tentang peralihan siaran tv analog ke digital pada tahun 2011, di mana itu sudah 11 tahun yang lalu diterapkan negara Jepang.

“Jadi inget Naruto capek-capek nabung buat beli tv analog, malah dialihin jadi tv digital,” komentar akun @mcamp222

Baca Juga :   Mulai 5 Oktober, Siaran TV Analog di Jabodetabek Siap Diputus

Indonesia memang sedikit tertinggal dibanding negara-negara asia lainnya dalam migrasi tv digital. Di kawasan Asean Malaysia dan Singapura pada tahun 2019 serta Thailand dan Vietnam di tahun 2020 sudah beralih ke tv digital.

Bahkan beberapa negara di kawasan Asia Afrika telah menghentikan siaran tv analog pada tahun 2014 yang lalu seperti Aljazair, Mauritius.

Baca Juga :   Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box, Begini Caranya

Migrasi TV analog ke digital saat ini baru berdampak pada masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Diperkirakan sekitar 60 persen masyarakat di Jabodetabek tidak bisa lagi menikmati tayangan televisi secara analog di wilayah tersebut, kecuali jika masyarakat membeli set up box (STB), mengganti televisi digital atau berlangganan TV parabola. (tia)