500 Komunitas Budaya Raih Rekor Muri

JagatBisnis.com-Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak 500 komunitas untuk bersama-sama membuat Parade Budaya di Car Free Day (CFD), Minggu (6/11/2022). Acara tersebut memecahkan rekor MURI dengan kriteria komunitas terbanyak, 500 komunitas yang ikut Parade Budaya. Kegiatan Parade Budaya juga merupakan simbol kolaborasi antara pemerintah dengan civil society dan komunitas yang mampu mengokohkan jati diri ke-Indonesiaan.

Ketua Pertiwi Indonesia dan Anggota Timnas Hari Kebaya Nasional, Miranti Serad, mengatakan, penguatan identitas budaya nasional bangsa Indonesia melalui parade tersebut ditunjukkan melalui kehadiran para peserta yang mengenakan baju adat nasional dan kebaya. Dari semua yang hadir terdapat komunitas Barisan Berkebaya. Mereka ikut dalam barisan ini menyuarakan kebaya adalah identitas perempuan Indonesia, kebaya adalah milik Indonesia.

“Perempuan dalam balutan kebaya itu menunjukkan identitas bangsanya berbudaya. Barisan berkebaya Pertiwi Indonesia merasa bertanggung jawab untuk menghidupkan kembali budaya luhur berkebaya untuk memperkuat jati diri sebagai perempuan Indonesia. Karena itu pula kita berupaya untuk sesering mungkin memakai kain-kebaya sehari-hari sebagai bagian dari upaya safeguarding,” ungkap.

Baca Juga :   Hadirkan Inspirasi Ungkapan Cinta di Sosial Media, Cadbury Berhasil Pecahkan Rekor MURI

Sementara itu, Founder Sekar Ayu Jiwanta Emi Wiranto menambahkan, dengan berbudaya berkebaya membangkitkan empowerment kebaya, menggerakkan dan menghidupkan lini ekonomi UMKM seperti penjahit, kain, pembatik, penenun, pembuat aksesoris dan lain-lain.

Baca Juga :   Ruben dan Jordi Onsu Terima Penghargaan Rekor MURI 'Untold Story'Jadi Pelopor Live Streaming Horor Terbanyak

Anggota Dewan Pertimbangan Nasional Putri Kus Wisnu Wardani
menjelaskan, memperkenalkan dan menurunkan warisan budaya ini kepada anak cucu kita untuk terus melestarikan. Dengan menggunakan berbudaya berkebaya di kegiatan sehari-hari, bekerja, berolah raga dan berkegiatan sosial lainnya.

Baca Juga :   Hadirkan Inspirasi Ungkapan Cinta di Sosial Media, Cadbury Berhasil Pecahkan Rekor MURI

“Bangga berkebaya sebagai simbol perempuan Indonesia,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO