China Temukan Bekas Lapisan Aliran Lava di Bulan

JagatBisnis.com-Sebuah tim peneliti dari China telah menemukan bukti geologis, setidaknya ada 4 lapisan aliran lava di bulan. Laporan dari National Space Science Center (NSSC) China, Rabu (21/9/2022), sebelumnya, misi pesawat ruang angkasa tak berawak Chang’e-5 membawa total 1.731 gram sampel bulan kembali ke bumi pada akhir 2020.

Baca Juga :   China Batalkan Ratusan Penerbangan akibat COVID-19 Melonjak

Du Jun, yang memimpin penelitian, mengatakan, para ilmuwan yang melakukan penelitian juga menyarankan area pendaratan Chang’e 5 kaya akan elemen penghasil panas termasuk uranium, thorium, dan potasium. Sehingga unsur-unsur tersebut dapat meningkatkan aktivitas vulkanik yang telah ada di bulan sejak lama.

“Studi tentang ketebalan batuan basal dan tingkat letusan di area pendaratan Chang’e-5 akan lebih meningkatkan pemahaman tentang aktivitas vulkanik bulan dan sejarah evolusi panas internal,” terangnya.

Baca Juga :   China Membolehkan Media Asing Liput Olimpiade Musim Dingin, Ini Syaratnya

Dia menjelaskan, basalt adalah batuan beku berwarna gelap yang berasal dari gunung berapi. Sehingga tingkat letusan di daerah pendaratan Chang’e-5 meningkat secara signifikan sekitar dua miliar tahun yang lalu. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO