Walikota Tarakan Lepas Ekspor Perdana Perikanan ke China Bersama Bea Cukai

Jagatbisnis.com – Bea Cukai Tarakan lepas ekspor perdana produk perikanan Kota Tarakan, yang merupakan upaya untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pada Senin (04/10). Dari Kawasan Pelabuhan Malundung, produk perikanan milik perusahaan PT Tarakan Fiserindo Sipatuo dari Tarakan diberangkatkan ke Cina. Kepala Kantor Bea Cukai Tarakan, Minhajuddin Napsah, secara simbolis melepas ekspor perdana tersebut bersama dengan Walikota Tarakan, dr. Khairul M.Kes.

“Kegiatan pelepasan ekspor ini merupakan hasil sinergi Bea Cukai Tarakan dengan instansi terkait, sekaligus merupakan tindak lanjut nota kesepahaman (MoU) yang telah disepakati bersama. Hal ini dalam rangka upaya meningkatkan devisa hasil ekspor Kota Tarakan terutama produk hasil perikanan asal Kota Tarakan yang diharapkan dapat memberikan dampak peningkatan perekonomian Kota Tarakan,” ungkap Minhajuddin.

Produk perikanan yang diekspor berupa frozen milk fish (ikan bandeng beku), sebanyak 2.500 carton dengan berat 25 ton, dan perkiraan ekspornya senilai USD 36.456. “Melalui kegiatan ekspor ini, diharapkan mampu memberikan semangat yang sama kepada pelaku usaha sektor perikanan di wilayah Kalimantan Utara, khususnya Kota Tarakan, untuk dapat mendaftarkan dan melakukan ekspor melalui Bea Cukai Tarakan agar produk asal Kota Tarakan dapat terdaftar dan tercatat sebagai produk kota ini dan selanjutnya dapat dikenal dan bersaing secara global di mancanegara,” tegasnya.

Ditambahkan Minhajuddin, mengusung tajuk “we can create value”, Bea Cukai Tarakan akan terus berupaya menjalin sinergi dengan pemerintah daerah, instansi terkait, PT Pelindo (Persero), serta pelaku usaha perikanan, “Terutama dalam meningkatkan devisa hasil ekspor Kota Tarakan, yang tidak hanya sebatas produk perikanan saja, tetapi juga produk lain yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan seperti rumput laut, dan diharapkan kegiatan ekspornya terdaftar di Bea Cukai Tarakan. Selaras dengan upaya tersebut, Bea Cukai Tarakan berkomitmen untuk selalu melakukan public campaign kepada pelaku usaha bahwa “Ekspor Legal itu Mudah”.”(nis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button