Sejumlah Desa di Kapuas Hulu Terendam Banjir

JagatBisnis.com – Kepala Badan Penyelesaian Musibah Wilayah( BPBD) KapuasHulu, Kalbar, Gunawan mengatakan saat ini ada 4 dusun di Kecamatan Kalis tergenang banjir dengan ketinggian debit air pada umumnya satu sampai satu setengah meter.

” Banjir menggenangi 4 dusun di Kecamatan Kalis, sejumlah pemukiman dan sarana biasa tergenang, akses jalur calo dusun ke pusat kecamatan pula terpenggal yang diakibatkan meluapnyaSungai Kalis,” tutur Gunawan, di Putussibau, bunda kota Kabupaten Kapuas Asal.

Berita Terkait

4 dusun di Kecamatan Kalis yang tergenang banjir saat ini ialah Dusun Nanga Tubuk, Nanga Telaga, Rantau Kalis dan Dusun Bahenap.

Bagi ia, banjir itu terjadi sekitar jam 07. 00 Wib, Minggu, 20 Juni 2021, tetapi situasi air sudah berangsur mundur.

” Tim BPBD Kapuas Asal sudah melakukan pemantauan posisi banjir dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, situasi air berangsur mundur,” ucap Gunawan.

Walaupun juga demikian, dikhawatirkan debit air terus menjadi naik, karena saat ini masa hujan dan cuaca berawan.

” Hingga saat ini kita belum dapat membenarkan akibat banjir itu,” cakap Gunawan.

Beliau mengimbau pada warga terdampak banjir untuk senantiasa cermas, dengan situasi musibah alam itu utamakan keamanan, dan segera jalani koordinasi dan melaporkan setiap kemajuan banjir.

” Kita memohon kades dan camat proaktif melaporkan musibah alam paling utama banjir saat ini, alhasil kita dapat segera mengutip tahap,” pungkasnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button