Samia Suluhu Hassan Perempuan Pertama sebagai Presiden Tanzania

JagatBisnis.com –  Samia Suluhu Hassan, pada Jumat, 19 Maret 2021, jadi wanita awal yang dilantik sebagai kepala negara Tanzania setelah kematian Kepala negara John Magufuli, yang 2 minggu saat sebelum meninggal tidak sempat nampak di depan khalayak.

Dengan mengenakan jilbab warna merah dan melaporkan ikrar di dasar Alquran, Hassan dilantik di Balai Negeri– kediaman sah kepala negara Tanzania– di Bunda Kota Dar es Salaam.

Hassan sebelumnya berprofesi sebagai delegasi kepala negara sejak 2015 di negeri Afrika bagian timur yang berpenduduk 58 juta jiwa itu.

Saat menyampaikan ceramah pertamanya setelah dilantik sebagai kepala negara, beliau meminta seluruh pihak menyudahi membikin- bikin kekeliruan terkait kematian Magufuli.

Hassan mengajak orang bersuatu dan mengatakan kalau bangsa negaranya butuh menimbun berbagai perbandingan.” Ini merupakan waktunya menimbun perbandingan di antara kita, dan berdiri bersuatu sebagai negeri,” tuturnya.

” Ini bukan waktunya untuk silih tunjuk, melainkan untuk bergandengan tangan dan beranjak maju bersama,” tuturnya lagi di depan para administratur dan mantan administratur, termasuk 2 mantan kepala negara dan opsir tentara.

Hassan mengutip ganti bangku kepresidenan 2 hari setelah beliau memublikasikan kematian Magufuli, yang beliau tuturkan karena penyakit jantung.

Lebih dari 2 minggu saat sebelum meninggal, Magufuli lenyap dari pemikiran khalayak alhasil menimbulkan pemikiran kalau beliau menderita parah penyakit COVID- 19.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button