Jumlah Lowongan Kerja Meningkat, Jobstreet Gelar Career Fair Virtual

JagatBisnis.com – Tingginya angka pencari kerja di Indonesia, membuat Jobstreet mengelar career fair yang akan dilangsungkan pada 9 hingga 11 Juni mendatang. Kegiatan yang digelar secara virtual ini diikuti  oleh lebih dari 100 perusahaan dengan menyediakan 1.000 lowongan kerja. Apalagi, tahun ini jumlah lowongan kerja di Indonesia meningkat 31 persen.

“Di virtual career fair nanti kami juga menyediakan fitur live chat dan video interview sehingga para kandidat bisa memiliki kesempatan untuk direkrut langsung di tempat,” kata Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim, dalam webinar Jobstreet Career yang digelar secara virtual, Senin (7/6/2021).

Dia menjelaskan, tidak sedikit perusahaan yang membuka kesempatan bagi para pelamar untuk bergabung di masa pandemi ini. Dari datanya, ada 10 industri dengan lowongan terbanyak dan mengalami peningkatan tertinggi di 2021. Posisi pertama diisi oleh pekerjaan bidang manajemen/konsultasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang meningkat 46 persen. Sektor manajemen SDM termasuk yang mengalami peningkatan yang signifikan.

“Lalu, bidang layanan kesehatan/medis yang meningkat 45 persen. Posisi ketiga ditempati sektor transportasi/logistik yang naik 39 persen. Meningkatnya sektor transportasi/logistik ini sejalan dengan semakin maraknya masyarakat yang belanja lewat e-commerce,” ujarnya.

Posisi lowongan selanjutnya, tambah Faridah, yakni perdagangan umum dan grosir yang naik 38 persen, serta makanan, minuman, katering, dan restoran sebesar 35 persen.

“Jika pada masa PSBB orang tidak bisa makan di restoran, banyak yang memanfaatkan layanan pesan antar, kini restoran sudah mulai buka, sudah mulai banyak yang makan dan minum di restoran,” ungkapnya.

Diterangkan, 5 industri lain yang juga mengalami peningkatan lowongan yakni sektor teknologi informasi meningkat 28 persen. produk konsumen meningkat 23 persen, ritel naik 23 persen, manufaktur 22 persen dan properti naik hingga 12 persen

“Para pencari kerja harus semangat dan optimis. Walau di masa pandemi, masih ada harapan untuk bangkit. Kami akan bantu menyediakan wadah untuk kalian mencari kerja,” pungkas Faridah. (eva)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button