Flu Burung, Prancis Tetapkan Status Waspada Tinggi

JagatBisnis.com – Pemerintah Prancis pada Jumat (5/11/2021), menetapkan status waspada tinggi flu burung di seluruh negeri saat virus itu menyebar ke seluruh Eropa.

Langkah tersebut akan memperpanjang keharusan pemeliharaan unggas di dalam ruangan, sebuah langkah yang sudah diterapkan di daerah tertentu sejak September lalu.

Berita Terkait

“Sejak awal Agustus, 130 kasus atau klaster flu burung ditemukan pada hewan liar atau di peternakan di Eropa,” kata Kementerian Pertanian Prancis melalui pernyataan resminya seperti dilansir Reuters.

Pihak kementerian menambahkan bahwa tiga kasus teridentifikasi di kawanan burung belakang halaman di timur laut Prancis.

“Dengan demikian langkah pencegahan yang diperketat akan diterapkan untuk melindungi peternakan unggas,” lanjut pernyataan itu.

Namun, kewajiban pemeliharaan unggas di dalam ruangan akan disesuaikan, dengan memperhitungkan kegiatan produksi seperti metode beternak jelajah bebas.

Langkah yang diambil oleh otoritas Prancis tidak akan mengancam status bebas flu burung negara tersebut pada awal September pasca gelombang flu burung sebelumnya.

Prancis telah memusnahkan sekitar 3 juta unggas pada musim dingin lalu di kawasan peternakan bebek di wilayah barat daya saat otoritas bergulat dengan penyebaran virus dari burung liar ke kawanan unggas.

Sebelumnya, otoritas Belanda pada pekan lalu telah memerintahkan peternakan komersial agar mengurung semua ternak setelah kasus flu burung dilaporkan di sebuah peternakan. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button