Dompet Dhuafa Konstruksi Raih Penghargaan dari Chevron dan SKK Migas

JagatBisnis.com –  Dompet Dhuafa (DD) Konstruksi Kembali mendapatkan apresiasi atas kiprahnya yang secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan berbagai infrastruktur. Kali ini penghargaan kepada DD Konstruksi diberikan oleh PT. Chevron Pacific Indonesia dan SKK Migas atas sinergi dan kolaborasinya dalam pembangunan infrastruktur sosial dan berdampak luas manfaatnya bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Acara ini diselenggarakan pada (Sabtu, 03/07/2021) sebagai bentuk apresiasi kami kepada para mitra pelaksana dan pemangku kepentingan yang telah mendukung pelaksanaan program-program pengembangan masyarakat PT. Chevron Pacific Indonesia selama ini. Semua berjalan baik berkat komitmen dan kerja sama yang kuat di antara multipihak terkait,” terang VP Corporate Affairs PT. Chevron Pacific Indonesia, Sukamto Tamrin.

Dalam kesempatan ini pihak Chevron menyampaikan penghargaan kepada DD Konstruksi beserta jaringannya yang telah sekian kali bersinergi dan bekerjasama dengan baik dalam berbagai aktivitas pembangunan, khususnya pada bangunan program recovery pasca bencana.

Di Kabupaten Lombok Utara, pada pertengahan tahun 2019 Chevron Bersama DD Konstruksi mulai membangun gedung Pustu Plus (Puskesmas Pembantu Plus) yang berlokasi di Medana, Kabupaten Lombok Utara. Diawali dengan adanya bencana gempa bumi pada Juli 2018 yang mengakibatkan timbulnya ribuan korban termasuk rusak dan hancurnya fasilitas sosial dan umum bagi masyarakat Lombok Utara, diantaranya fasilitas Kesehatan yang memiliki peranan penting.

Pustu Plus Medana dibangun berdasar perencanaan yang matang oleh tim DD Konstruksi, memiliki desain bangunan yang unik, dengan struktur ramah gempa, mudah diakses oleh penyandang disabilitas dan lansia, memperhatikan prosedur standar keselamatan dengan waktu pengerjaan relatif cepat serta memiliki ikon/ ciri khas tersendiri. Bangunan inipun dilengkapi dengan taman bermain anak dan penunjang fasilitas kesehatan tingkat pratama. Berbeda dibandingkan fasilitas pustu pada umumnya, Pustu Plus Medana menyediakan layanan perawat, bidan, dan dokter di bawah satu atap.

“Sebuah kebanggaan bagi kami mendapat penghargaan dari SKK Migas dan Chevron atas inovasi pembangunan ramah lingkungan dan ramah disabilitas, semoga kami semakin terdepan dan bermanfaat dalam modernisasi infrastruktur pembangunan berkelanjutan,” tutur Herdiansah, selaku Direktur Utama PT DD Konstruksi.

Beliaupun menambahkan dalam pembangunannya DD Konstruksi sengaja melibatkan warga lokal yang telah ditraining sebelumnya, tujuannya supaya mereka dapat menjadi kader yang mampu mendorong dan meningkatkan skill pekerja lokal lainnya.

Selain membangun Pustu Plus Medana, di wilayah Lombok pada kurun rentang waktu yang bersamaan DD Konstruksi juga membangun berbagai fasilitas umum dan sosial bagi warga yang terdampak bencana, diantaranya ribuan rumah ramah gempa, Masjid, MCK, sumur bor dan pipanisasi.

Hal ini dilakukan karena DD Kontruksi yang lahir dari aktivitas recovery kebencanaan sejak tahun 2013 di tanah air telah merespon bencana gempa tersebut sejak fase tanggap bencana di awal, hingga rekonstruksi. Profesionalitas dan responsibilitas yang tinggi menjadikan DD Konstruksi sebagai perusahaan yang dipercaya publik untuk terlibat dalam pembangunan sarana dan prasarana. BUMN, Perusahan Nasional dan Multi Nasional, telah bermitra dalam program pembangunan infrastruktur pasca bencana. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button