Densus Temukan Bahan Peledak 35kg, Disimpan Kaki Gunung Ciremai

JagatBisnis.com – Bahan peledak seberat 35kg yang ditaruh di kaki Gunung Ciremai, Jawa Barat, sukses ditemukan.

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menemukan materi peledak yang dirahasiakan seorang tahanan terorisme, Pemimpin Mulyani yang dibekuk pada 2017 lalu.

Berita Terkait

” Pada Densus 88, Pemimpin membuat pengakuan yang mencengangkan. Ia bersama komplotannya masih menyimpang materi dasar TATP (Triacetone Triperoxide) sebesar 35 kilogram,” kata Kabag Pencerahan Biasa Bagian Humas Polri, Kombes Angket Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Senin (4/10/2021).

Dari pengakuan tahanan itu, Densus 88 bersama tim Penjinak Bom Bagian Mobil Kepolisian Wilayah Jawa Barat mencari bersama Pemimpin ke kawasan Gunung Ciremai, Jawa Barat.

Ramadhan mengatakan, materi peledak ditemukan pada ketinggian 1. 450 meter di atas dataran laut di seputaran Gulungan Cipater, Dusun Bantar Agung, Sindanwangi, Majalengka, Jawa Barat.

” Polri menemukan sejumlah TATP dalam sebagian media terpisah, sesuai dengan pengakuan Pemimpin Mulyana,” ucapnya.

Media awal, tutur Ramadhan, ditemukan di sebuah toples yang berisikan 10kg TATP asli. Setelah itu, terdapat pula di sebuah botol plastik bermuatan 250 ml yang bermuatan gotri, dan, ditempatkan pada 4 tempat makan.

Lalu, ditemukan pula materi peledak C1 dan 1, 5 botol air minum yang bermuatan TATP yang sudah berganti warna.” Tim Jibom Brimob Polda Jabar melakukan tindakan pembinasaan (disposal) kepada materi peledak itu di sekitar posisi temuan,” jelasnya.

Sebagai informasi, Pemimpin, anggota jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) diringkus kala Jokowi akan mendatangi kegiatan penutupan kegiatan Pergelaran Istana Nusantara (FKN) ke IX pada 2017 lalu di Tamah Terowongan Sunyaragi.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button