DKPP Periksa Ketua KPU Atas Dugaan Pelanggaran Etik Hari Ini (22/5)

jagatbisnis.com – JAKARTA. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan atas dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari pada Rabu (22/5).

Perkara Nomor 90-PKE-DKPP/V/2024 diadukan oleh perempuan berinisial CAT dengan kuasa hukum Aristo Pangaribuan, Uli Pangaribuan, Abdul Toni, dkk.

Sekretaris DKPP David Yama menyatakan, agenda sidang perkara diagendakan untuk mendengar keterangan dari para pihak, baik pengadu, teradu, saksi, maupun pihak terkait.

Baca Juga :   Manfaatkan Lahan Kosong, Berhasil Panen 1,4 Ton Singkong

“Sekretariat DKPP telah memanggil semua pihak secara patut, yakni lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,” ujar David dalam keterangannya, Selasa (21/5).

Baca Juga :   Bawaslu Dinilai Salah Alamat Laporkan KPU ke DKPP

Kata David, sidang perkara ini akan digelar secara tertutup lantaran menyangkut tindak asusila.

“Sidang pemeriksaan dugaan pokok perkara yang berhubungan dengan kesusilaan akan digelar secara tertutup,” pungkas David.

Untuk diketahui, aduan tersebut dilayangkan oleh oleh Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK pada Kamis (18/4) yang lalu.

Baca Juga :   Manfaatkan Lahan Kosong, Berhasil Panen 1,4 Ton Singkong

Pengadu mendalilkan bahwa teradu diduga memberikan perlakukan khusus dan menggunakan relasi kuasa demi mendekati dan menjalin hubungan pengadu serta mengutamakan kepentingan pribadi.

Perlakukan tersebut dialami oleh pengadu selama menjadi Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO