Dapat Perlakuan Istimewa, Apple Diminta Segera Bangun Pabrik di RI

Smartphone Apple

JagatBisnis.com –¬†¬†Pemerintah Indonesia terus berusaha menarik raksasa teknologi Apple untuk membangun pabrik di tanah air. Hal ini dilakukan dengan memberikan berbagai perlakuan khusus kepada Apple, seperti insentif pajak dan kemudahan perizinan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa pemerintah telah menjalin komunikasi intensif dengan Apple untuk membahas kemungkinan pembangunan pabrik.

“Pemerintah sudah memberikan berbagai insentif dan kemudahan perizinan kepada Apple. Kami berharap Apple dapat segera membangun pabrik di Indonesia,” ujar Airlangga, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga :   Apple Kalah Dalam Persidangan Soal Hak Cipta Perangkat Lunak

Airlangga menjelaskan bahwa pembangunan pabrik Apple di Indonesia akan memberikan banyak manfaat bagi negara, seperti penciptaan lapangan kerja, transfer teknologi, dan peningkatan investasi.

“Pembangunan pabrik Apple di Indonesia akan menjadi lompatan besar bagi industri manufaktur kita. Hal ini juga akan membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan lain untuk berinvestasi di Indonesia,” ujar Airlangga.

Baca Juga :   Investasi Sawit di RI: Uni Eropa Kritis Namun Aktif, Ada Strategi di Baliknya?

Pemerintah yakin bahwa Apple akan tertarik untuk berinvestasi di Indonesia karena berbagai potensi yang dimiliki negara ini, seperti pasar yang besar, tenaga kerja yang melimpah, dan lokasi yang strategis.

Baca Juga :   Ekspor Batu Bara RI Anjlok 29,76%, China dan India Jadi Penyebab Utama

Namun, beberapa pihak mempertanyakan keseriusan Apple untuk membangun pabrik di Indonesia. Mereka khawatir Apple hanya ingin memanfaatkan insentif yang diberikan oleh pemerintah tanpa berkomitmen jangka panjang.

“Pemerintah perlu tegas dalam bernegosiasi dengan Apple. Kita harus memastikan bahwa Apple benar-benar serius untuk berinvestasi di Indonesia,” ujar Ekonom dari Universitas Indonesia, Dr. Eugenia Nasution.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO