Kemendag Tegaskan Tak Ada Kendali TikTok di Shop Tokopedia: Konsumen Aman!

JagatBisnis.com –¬†¬†Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan bahwa TikTok tidak memiliki kendali atas Shop Tokopedia. Hal ini ditegaskan oleh Oke Nurwan, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, dalam menanggapi kekhawatiran publik terkait integrasi kedua platform tersebut.

“Kami pastikan bahwa seluruh operasi, termasuk sistem pembayaran Shop Tokopedia, dikendalikan sepenuhnya oleh Tokopedia,” tegas Oke Nurwan.

Sebelumnya, muncul kekhawatiran bahwa integrasi TikTok dan Tokopedia akan memberikan kontrol kepada TikTok atas data dan transaksi pengguna di Shop Tokopedia. Namun, Kemendag menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar.

Baca Juga :   TikTok Hapus Tantangan Berbahaya

“Proses integrasi Tokopedia dan TikTok telah disetujui Kemendag dan telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk Permendag 31 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik,” jelas Oke Nurwan.

Baca Juga :   Kanada Blokir TikTok untuk Gadget Pemerintah, Ini Alasannya

Kemendag juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu berbelanja di Shop Tokopedia karena platform tersebut aman dan terpercaya.

Baca Juga :   Harga Minyak Goreng di Pasar Tak Boleh Lebih Rp11.500 per Liter

“Konsumen dapat berbelanja dengan nyaman dan aman di Shop Tokopedia. Kami akan terus mengawasi dan memastikan bahwa semua platform e-commerce di Indonesia, termasuk Shop Tokopedia, mematuhi peraturan yang berlaku dan melindungi hak-hak konsumen,” tegas Oke Nurwan.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO