Kementerian PUPR Bangun Rusun 3 Lantai Untuk Polda Papua

JagatBisnis.com –¬† ¬†Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan memulai pembangunan rumah susun (Rusun) untuk Kepolisian Daerah (Polda) Papua di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Rusun yang akan diperuntukkan bagi polisi wanita (Polwan) yang bertugas di Markas Komando Polda Papua itu dibangun dengan tipe Wisma Arunika setinggi tiga lantai dengan 44 unit hunian yang mampu menampung 176 orang.

 

“Hari ini Jum’at tanggal 15 Maret 2015 kita akan mulai pembangunan Rusun Polda Papua di Kota Jayapura. Kami berharap pembangunan Rusun ini bisa berjalan dengan lancar dan selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat memberikan sambutan pada kegiatan Ground Breaking Proyek Pembangunan Rusun Polda Papua di Kota Jayapura, Papua, Jum’at (15/3/2024).

Menurut Iwan, pembangunan Rusun ini merupakan bentuk sinergitas Kementerian PUPR dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk menyediakan hunian layak, nyaman dan terjangkau bagi anggota Polri yang bertugas di Polda Papua. Selain itu, dengan adanya Rusun ini diharapkan juga menjadi fasilitas hunian yang layak sebagai sarana pembinaan keluarga dan menunjang tugas anggota Polri di Papua.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Sinkronisasikan Program Perumahan di Sumatera

“Pembangunan infrastruktur perumahan di Papua ini juga menunjukkan bahwa pemerintah terus berupaya melaksanakan pemetaan pembangunan khususnya di wilayah Indonesia timur. Kami juga akan melengkapi Rusun ini dengan meubelair dan berharap Polda Papua juga bisa membentuk pengelola dan menetapkan tata tertib bagi penghuni serta merawat aset yang dibangun ini,” katanya.

Kapolda Provinsi Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, S.I.K dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Wakapolda Papua
Brigjen Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H, M.Si menyatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan Kementerian PUPR terhadap pembangunan Rusun ini. Adanya Rusun ini tentunya sangat bermanfaat sebagai tempat tinggal bagi para anggotanya dan ke depan rencananya hunian vertikal ini akan dihuni oleh para Polwan.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Ajak Insinyur Dukung Program Sejuta Rumah

“Saya selaku pimpinan Polda Papua beserta seluruh pejabat pengucapkan terimakasih sebesar atas Rusun dari Kementerian PUPR ini. Kami masih membutuhkan banyak Rusun untuk asrama anggota Polda Papua dan kami harap penghuni Rusun bisa menjaga dan merawat fasilitas yang ada dengan baik,” harapnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Papua I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Aleksander Simon Lopulalan didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Papua, P.M. Desyarmeda Killian menerangkan, Rusun Polda Papua Tahun Anggaran 2024 dibangun di Jalan Koya Koso, Abepura, Kota Jayapura, Papua. Rusun dibangun dengan tipe Wisma Arunika setinggi tiga lantai dengan tipe hunian tipe 36 sebanyak 44 unit.

Rusun dibangun di atas lahan seluas 2.610 meter persegi sedangkan luas bangunan adalah 2.892,1 meter persegi. Adapun kontraktor pelaksana pembangunan adalah PT. Devi Farhana Mandiri dan konsultan perencana CV. Rekayasa Teknik Papua serta konsultan manajemen Konsultan yakni CV Juan Mitra Konsultan.

Baca Juga :   Pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan Sekarang Bisa Tinggal di Rusun

Kementerian PUPR juga telah melengkapi unit Rusun dengan sejumlah meubelair yakni 44 unit tempat tidur susun, 44 unit tempat tidur utama, 44 unit lemari dua pintu, 44 unit lemari satu pintu, 44 unit meja tamu, 44 unit sofa dua seater, 44 unit meja makan dan 132 unit kursi makan.

Lingkup pekerjaan dibagi menjadi dua tahap. Untuk tahap pertama adalah pekerjaan persiapan, RK3K Konstruksi, Struktur standar, struktur non standar, arsitektur standar, mekanikal dan elektrikal standar. Sedangkan lingkup pekerjaan tahap dua antara lain pekerjaan RK3K Konstruksi, Arsitektur Standar, Arsitektur Non Standar, Mekanikal dan Elektrikal Standar dan Mekanikal dan Elektrikal Non Standar.

“Rusun Polda Papua ini memiliki daya tampung 176 orang dan sudah kami lengkapi dengan meubelair sehingga nanti penghuni tinggal masuk membawa pakaian dan peralatan rumah tangga secukupnya. Kami juga berharap dukungan Polda Papua dalam proses serah terima aset dan penghunian Rusun,” harapnya. (Rza)

MIXADVERT JASAPRO