Mendagri Tito Karnavian Minta Maskapai Sediakan Tiket Pesawat Murah Jelang Lebaran

Ilustrasi Pesawat

JagatBisnis.com –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk mengumpulkan maskapai penerbangan guna membahas penyediaan tiket pesawat murah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah. Hal ini disampaikan Tito dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 1446 Hijriah di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (4/3/2024).

“Saya minta Pak Menteri Perhubungan mengumpulkan maskapai penerbangan untuk melihat bagaimana caranya agar harga tiket pesawat bisa turun,” kata Tito.

Tito menjelaskan, tingginya harga tiket pesawat dapat menghambat mobilitas masyarakat yang ingin mudik Lebaran. Oleh karena itu, ia meminta maskapai penerbangan untuk memberikan solusi agar harga tiket pesawat dapat terjangkau bagi masyarakat.

Baca Juga :   Mendagri: Alumni IPDN Harus Jadi Agen Perubahan Budaya Birokrasi

“Pemerintah ingin membantu masyarakat untuk bisa mudik Lebaran dengan harga tiket pesawat yang terjangkau,” ujarnya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti permintaan Mendagri Tito Karnavian. Ia akan mengumpulkan maskapai penerbangan untuk membahas solusi terkait tingginya harga tiket pesawat.

Baca Juga :   Kemenhub Tegaskan Tak Bisa Hapus TBA Tiket Pesawat Asal-Asalan

“Kami akan segera undang maskapai penerbangan untuk membahas ini. Kami ingin harga tiket pesawat bisa turun agar masyarakat bisa mudik dengan nyaman dan aman,” kata Budi.

Budi menjelaskan, tingginya harga tiket pesawat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah tingginya permintaan dan terbatasnya jumlah kursi pesawat.

“Kami akan coba atur agar maskapai penerbangan bisa menambah jumlah kursi pesawat untuk memenuhi permintaan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Budi juga mengatakan, pemerintah akan memberikan subsidi kepada maskapai penerbangan agar harga tiket pesawat bisa turun.

Baca Juga :   RI Punya Maskapai Baru, Didirikan Pengusaha Muda

“Pemerintah akan memberikan subsidi kepada maskapai penerbangan, tapi subsidi ini tidak akan diberikan secara langsung kepada maskapai penerbangan,” katanya.

Budi menjelaskan, subsidi akan diberikan kepada maskapai penerbangan dalam bentuk potongan harga avtur.

“Subsidi ini akan diberikan dalam bentuk potongan harga avtur. Dengan begitu, diharapkan harga tiket pesawat bisa turun,” ujarnya.

Pemerintah berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan, harga tiket pesawat menjelang Lebaran dapat terjangkau bagi masyarakat. (tia)

MIXADVERT JASAPRO