Pemilu Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi RI di 2024

JagatBisnis.com –  PT Mandiri Sekuritas memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 akan mencapai 5,1 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut didorong oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung pada tahun tersebut.

Analis Mandiri Sekuritas, Adrianus Daniel, mengatakan bahwa Pemilu akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia melalui peningkatan konsumsi rumah tangga dan belanja pemerintah.

“Pemilu akan mendorong konsumsi rumah tangga karena masyarakat akan berbondong-bondong untuk berbelanja keperluan sehari-hari, seperti pakaian, makanan, dan minuman,” kata Adrianus.

Baca Juga :   Omicron Hambat Ekonomi Dunia

Selain itu, Pemilu juga akan mendorong belanja pemerintah karena pemerintah akan mengeluarkan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilu. Anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan, seperti pembuatan surat suara, pengadaan perlengkapan pemilu, dan pengamanan pemilu.

Adrianus mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 juga akan ditopang oleh beberapa faktor lain, seperti:

  • Peningkatan investasi. Investasi diperkirakan akan meningkat, didukung oleh perbaikan iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi global yang masih kuat.
  • Peningkatan ekspor. Ekspor diperkirakan akan meningkat, didukung oleh permintaan global yang masih tinggi.
Baca Juga :   Tips Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19

Namun, Adrianus juga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 akan menghadapi sejumlah tantangan, seperti:

  • Kenaikan suku bunga. Kenaikan suku bunga di AS dan negara-negara lain akan berdampak negatif terhadap perekonomian Indonesia, terutama terhadap sektor perbankan dan properti.
  • Perlambatan ekonomi global. Perlambatan ekonomi global akan berdampak negatif terhadap ekspor Indonesia.
  • Kenaikan inflasi. Kenaikan inflasi akan berdampak negatif terhadap daya beli masyarakat.
Baca Juga :   BCA Kembali Cetak Laba Tertinggi, Catat Pertumbuhan 19,4 Persen

Secara keseluruhan, Adrianus mengatakan bahwa prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 masih positif. Namun, pemerintah perlu mewaspadai berbagai tantangan yang mungkin terjadi agar pertumbuhan ekonomi dapat berjalan sesuai dengan target. (tia)

MIXADVERT JASAPRO