Gibran Klaim Food Estate Gunung Mas Berhasil, Walhi: Tanam Singkong Panen Jagung

petani foto : kumparan

JagatBisnis.com –  Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengklaim bahwa proyek food estate di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, telah berhasil. Klaim tersebut disampaikan oleh Gibran saat menghadiri acara panen raya food estate di Gunung Mas pada hari Minggu (21/1/2024).

“Food estate Gunung Mas sudah berhasil. Ini adalah keberhasilan bersama,” kata Gibran.

Gibran mengatakan bahwa food estate Gunung Mas telah mampu menghasilkan ribuan ton singkong. Singkong tersebut kemudian diolah menjadi tepung singkong yang siap diekspor.

Baca Juga :   Usai Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Bakal Cuti dari Walkot Solo

“Kita sudah ekspor 100 ton tepung singkong ke China. Ke depan, kita akan terus meningkatkan ekspor tepung singkong,” kata Gibran.

Namun, klaim keberhasilan food estate Gunung Mas tersebut dibantah oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Walhi mengatakan bahwa food estate Gunung Mas masih jauh dari kata berhasil.

Baca Juga :   KPK Didesak Panggil Kaesang dan Gibran

“Food estate Gunung Mas adalah proyek yang gagal. Tanaman singkong yang ditanam di sana tidak menghasilkan panen yang maksimal,” kata Direktur Eksekutif Walhi Kalimantan Tengah, Sawaluddin.

Sawaluddin mengatakan bahwa kegagalan food estate Gunung Mas disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

“Lahan di Gunung Mas sebagian besar adalah lahan gambut yang tidak cocok untuk tanaman singkong. Selain itu, pengelolaan food estate juga dilakukan secara tidak profesional dan diduga terjadi korupsi,” kata Sawaluddin.

Baca Juga :   Gibran Jawab Tudingan Takut Debat di Kantor KPU

Sawaluddin meminta pemerintah untuk segera mengevaluasi proyek food estate Gunung Mas. Pemerintah juga harus memberikan sanksi kepada para pihak yang bertanggung jawab atas kegagalan proyek tersebut. (tia)

MIXADVERT JASAPRO