Di Survei LSI, PDIP dan Gerindra Bersaing Ketat

Ilustrasi Survei Foto: Antaranews.com

JagatBisnis.com –  PDIP dan Partai Gerindra menjadi partai politik (parpol) yang bersaing ketat menduduki posisi puncak dalam hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI). Kedua partai ini menjadi parpol yang paling banyak dipilih oleh responden.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis surveinya yang bertema Debat Capres, Netralitas Pemilu dan Elektabilitas, dipantau secara daring, Minggu (10/12/2023).

“PDIP paling banyak dipilih, sekitar 19,7 persen kemudian Gerindra 18,2 persen,” kaya Djayadi dalam rilis surveinya, Minggu (10/12/2023).

Baca Juga :   Tak Diundang di Acara Halal Bihalal, Ganjar Masih Kader PDIP?

Posisis selanjutnya, sambung dia, diduduki oleh Partai Golkar 10,5 persen. PKB 8,5 persen, NasDem 5,8 persen, PKS 5,5 persen, Demokrat 5,4 persen dan PAN 4,1 persen. Sedangkan partai lain lebih rendah dari 4 persen, sementara responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 12,9 persen.

Baca Juga :   Megawati: Banyak Jenderal Antre Masuk PDIP

“Yang angkanya di bawah 4 persen untuk sementara ini PPP dan partai-partai lainnya. Jadi kalau kita lihat di sini, semua partai parlemen saat ini angkanya di atas 4 persen kecuali PPP. Tapi jangan lupa, masih ada 13 persen yang belum menyatakan belum menjawab,” jelas dia.

Berikut rincian raihan partai lainnya;

PPP 2,3 persen
PSI 2,1 persen
Perindo 2,1 persen
Ummat 0,9 persen
Hanura 0,7 persen
Garuda 0,4 persen
Gelora 0,3 persen
PBB 0,3 persen
Buruh 0,2 persen
PKN 0,0 persen

Baca Juga :   PDIP Ungkap Peran Pengurus Partai di Luar Negeri

Sebagai informasi, pemilihan sampel dalam survei LSI inidilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) dengan melibatkan sebanyak 1.426 responden.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Margin of error kurang lebih 2,6 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (tia)

MIXADVERT JASAPRO