Berita  

Koresponden Perang Rusia Tewas dalam Serangan Drone Ukraina di Wilayah Tenggara

Drone

JagatBisnis.comTragedi melanda dunia jurnalisme perang setelah seorang koresponden perang Rusia, Boris Maksudov (38), tewas akibat luka terkena pecahan peluru dalam serangan drone oleh Angkatan Bersenjata Ukraina di wilayah Zaporizhzhia, tenggara Ukraina, pada Rabu, 22 November 2023.

Menurut penyelidik Rusia, angkatan bersenjata Ukraina dilaporkan menyerang sekelompok jurnalis Rusia dengan peluru fragmentasi dan sebuah pesawat tak berawak. Maksudov, yang bekerja untuk stasiun televisi Rossiya 24, menderita luka parah dan sayangnya, dokter tidak dapat menyelamatkannya. “Boris Maksudov meninggal pada 23 November 2023 setelah terluka di Zaporizhzhia,” demikian pernyataan dari televisi pemerintah Rusia.

Rekaman TASS yang dirilis beberapa saat setelah serangan menunjukkan Maksudov kesakitan di tanah sebelum dibawa dengan ambulans. Perusahaan Penyiaran Televisi dan Radio Negara Seluruh Rusia (VGTRK) menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan rekan-rekan Maksudov.

Baca Juga :   Kremlin Dukung Sayembara Rampas Tank NATO Berhadiah Rp1 Miliar

Zaporizhzhia, salah satu wilayah Ukraina yang diklaim telah dianeksasi oleh Rusia sejak invasi pada 24 Februari 2022, menjadi saksi pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia. Ukraina belum merilis pernyataan resmi terkait serangan yang menewaskan koresponden Rusia ini, namun laman pemerintah Kyiv, Ukrinform, melaporkan bahwa Angkatan Udara Ukraina melancarkan serangan ke kubu Rusia dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga :   Pasukan Ukraina akan Rebut Wilayah Kherson

Ukraina juga melaporkan bahwa unit rudalnya berhasil menyerang sejumlah target militer Rusia, termasuk personel musuh, kelompok amunisi, sistem rudal permukaan-ke-udara, pos komando, sistem artileri, dan depot amunisi. Sementara itu, Rusia dilaporkan melancarkan serangan menggunakan drone Shahed-136/131 yang berhasil dicegat oleh pihak Ukraina. Namun, serangan tersebut meninggalkan korban jiwa di kalangan warga sipil dan merusak rumah tinggal serta infrastruktur sipil.

Baca Juga :   Fasilitas Militer Ukraina di Perbatasan Polandia Dihantam Rudal Rusia

(tia)

MIXADVERT JASAPRO