147 Imigran Rohingya Berlabuh di Pidie

JagatBisnis.com –  Sebanyak 147 orang imigran etnis Rohingya kembali mendarat di pesisir Pantai Beurandeh Kecamatan Batee Kabupaten Pidie, Aceh pada Rabu (15/11/2023) malam.

Sekretaris Panglima Laot Pidie, Marfian mengatakan para pengungsi Muslim itu tiba menggunakan kapal kayu sekitar pukul 17.30 WIB.

“147 para pengungsi Muslim itu terdiri atas 46 orang laki-laki dewasa, 58 orang perempuan dewasa, 21 orang anak-anak laki, dan anak-anak perempuan 22 orang,” katanya, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga :   Selamatkan Pengungsi Rohingya, Warga Aceh Ini Malah Dipenjara

Saat ini para imigran tersebut telah dipindahkan ke tempat penampungan sementara di Yayasan Mina Raya Gampong Leun Tanjung Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie.

Mereka digabungkan dengan ratusan para imigran yang terlebih dahulu ditempatkan di sana, bersama warga Rohingya lain yang terdampar akhir 2022 lalu.

Baca Juga :   8 Imigran Rohingya Kabur dari Kamp Penampungan Lhokseumawe Aceh

“Mereka sedang dalam pendataan dan digabungkan dengan pengungsi lainnya di tempat penampungan sementara di kamp Mina Raya,” kata Marfian.

Sebelumnya, sebanyak 200 orang rombongan imigran Rohingya mendarat di Pesisir Pantai Gampong Blang Raya Kecamatan Muara Tiga pada Selasa (14/11) dengan menggunakan kapal nelayan.

Baca Juga :   Sempat Terombang-ambing, 120 Pengungsi Rohingya Akhirnya Berlabuh di Aceh Utara

Dari 200 orang tersebut, sebanyak enam imigran di antaranya kabur dengan cara turun dari kapal, dan belum diketahui posisi mereka sampai hari ini.

Sebagai informasi, Panglima Laot merupakan lembaga adat resmi laut yang membawahi nelayan di Aceh. Semua permasalahan yang berhubungan dengan laut di Aceh tidak terlepas dari wewenang lembaga tersebut. (tia)

MIXADVERT JASAPRO