Pembagian Rice Cooker Gratis Molor, Pemerintah Janjikan Tahun Depan

Rice Cooker Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengatakan bahwa pemerintah tetap akan membagikan 500 ribu rice cooker gratis kepada masyarakat. Pembagian rice cooker tersebut bertujuan untuk mengurangi konsumsi LPG.

“Ya ini kan 500 ribu yang kita jalankan. Tahun depan juga dialokasikan juga. Kenapa? karena kan kita perlu meningkatkan demand listrik sekaligus mengganti LPG,” kata Arifin kepada wartawan di Gedung Kementerian ESDM, Jumat (3/11).

Arifin menuturkan bahwa pemerintah mendorong penggunaan alat masak berbasis listrik (AML) dan jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga sebagai alternatif pengganti LPG. Namun demikian, pemerintah memerlukan waktu untuk implementasi jargas tersebut.

Baca Juga :   Pemerintah Beri Tambahan Bansos Beras dan BLT El Nino Rp400.000 untuk Bantu Masyarakat

“Kita kan melakukan program-program untuk substitusi LPG dengan program apa saja yang memang bisa dilaksanakan, antara lain AML juga jargas. Tapi jargas ini kan lama ya,” ujar Arifin.

Baca Juga :   Gratis! Dinkes DKI Ajak Mayarakat Vaksin Booster

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) ESDM Dadan Kusdiana menyebut pembagian 500.000 unit rice cooker diharapkan selesai pada pertengahan Desember 2023. Verifikasi penerima rice cooker gratis akan rampung November ini.

Baca Juga :   Pemerintah Buka Alasan Pesan Vaksin Corona Lebih Awal

“Itu cukup jadi masih bekerja keras supaya selesai pertengahan atau akhir Desember (2023),” ujar Dadan saat ditemui di Kementerian ESDM, Senin (23/10).

(tia)

MIXADVERT JASAPRO