Pelaku Pembunuhan Aktivis Michelle Kurisi Doga Ditangkap

Ilustrasi borgol Foto: Jatim Network

JagatBisnis.com –  Kasus pembunuhan aktivis perempuan Michelle Kurisi Doga akhirnya terungkap. Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, mengatakan pihaknya telah menangkap 3 terduga pelaku.

Para pelaku teridentifikasi sebagai Anggota KNPB Militan Baliem Barat. Ketiganya masing-masing, PM, AW dan RK.

“PM kami tangangkap di Jayawijaya pada Kamis 5 Oktober, besoknya AW ditangkap di Jayapura dan kemudian RK alias RM ditangkap di Tolikara. Total pelaku diperkirakan 7 orang, ” ungkap Faizal, Senin (9/10).

Baca Juga :   Asyik Berduaan, Remaja di Tambun Ditusuk hingga Tewas

Kasus tersebut adalah pembunuhan berencana yang diduga dilakukan oleh tujuh orang pelaku. Bayu Suseno, menambahkan bahwa selain ketiganya, empat orang lainnya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Satgas Damai Cartenz.

“Yang belum ditangkap KW (DPO), JW (DPO), DW (DPO) dan K (DPO). Ketujuh pelaku aktif menyebarkan propaganda negatif di media sosial tentang isu Papua,” jelasnya.

Baca Juga :   Sering Dimarahi, Suami di Tangerang Bacok Istri hingga Tewas

Ketiga terduga pelaku saat ini ditahan di Polda Papua untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut. Terhadap para pelaku, diancam dengan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan juncto pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana juncto pasal Pasal 354 KUHP tentang penganiayaan mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dengan ancaman maksimal hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

Baca Juga :   Alasan WN Amerika Bunuh Mertuanya di Banjar

Michele Kurisi Doga diketahui dibunuh oleh sekelompok orang pada tanggal 28 Agustus 2023 di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya. Ia dituding sebagai agen, atau mata-mata Indonesia. (tia)

MIXADVERT JASAPRO