Berita  

Donald Trump Dukung Jim Jordan sebagai Ketua DPR Amerika Serikat

Donald Trump Foto: Radio Agricultura

JagatBisnis.com – Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara resmi menyatakan dukungannya untuk Jim Jordan sebagai calon Ketua DPR Amerika Serikat. Pengumuman ini dilakukan pada Jumat, 6 Oktober 2023, mengikuti pemungutan suara bersejarah yang menggulingkan Kevin McCarthy dari posisi tersebut pada Selasa sebelumnya.

Dalam unggahan di aplikasi Truth Social miliknya, Trump memuji Jim Jordan sebagai seorang dokter hewan yang tegas dan menyatakan, “Dia akan menjadi Ketua DPR yang hebat & mendapat dukungan lengkap & total dari saya!”

Pemilihan Ketua DPR saat ini menjadi perhatian besar, dengan dua anggota Partai Republik yang bersaing untuk posisi tersebut. Selain Jim Jordan, Steve Scalise, yang saat ini menjabat sebagai pemimpin mayoritas DPR, juga mencalonkan diri. Jordan, seorang konservatif yang memimpin penyelidikan terhadap pemerintahan Biden, mendapat dukungan langsung dari Trump.

Baca Juga :   Reaksi China Dituduh AS Ingin Miliki 1.500 Hulu Ledak Nuklir

Partai Republik, yang memiliki mayoritas tipis 221-212 di DPR, akan mengadakan forum tertutup bagi para kandidat pada Selasa pekan depan, diikuti oleh pemungutan suara. Trump, yang diharapkan hadir dalam pemungutan suara tersebut, telah memiliki pengaruh besar di kalangan anggota DPR dari Partai Republik.

Baca Juga :   Amerika Serikat Bantu Alat Militer ke Ukraina Nyaris Tembus Rp36 Triliun

Penting untuk dicatat bahwa Trump juga disebut-sebut sebagai calon potensial untuk menggantikan McCarthy sebagai ketua DPR, sementara dia masih merupakan kandidat utama Partai Republik untuk pemilihan presiden 2024. Hal ini akan membawa Trump ke dalam persaingan dengan Presiden Partai Demokrat Joe Biden.

Baca Juga :   AS Bakal Ikut Perangi Penangkapan Ikan Ilegal di Pasifik

Saat ini, Trump masih menghadapi 91 tuduhan kejahatan dalam empat kasus pidana terpisah, termasuk tuduhan kecurangan terhadap hasil pilpres tahun 2020 yang dimenangkan oleh Joe Biden. Peraturan DPR dari Partai Republik melarang dilantiknya seorang ketua DPR yang tengah menghadapi dakwaan, sehingga situasi hukum ini dapat menjadi faktor penting dalam pemilihan ketua DPR yang akan datang.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO