Amerika Serikat Bantu Alat Militer ke Ukraina Nyaris Tembus Rp36 Triliun

JagatBisnis.com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan bantuan tambahan berupa peralatan militer senilai 800 juta dolar AS atau sekitar Rp11,48 triliun untuk Ukraina.

Melansir Reuters, Kamis (14/4/2022), bantuan tersebut diberikan Amerika untuk mengantisipasi kemungkinan serangan yang lebih luas oleh Rusia di Ukraina bagian timur.

Dengan bantuan terbaru ini, total bantuan militer yang telah diberikan Amerika kepada Ukraina bernilai 2,5 miliar dolar atau sekitar Rp35,86 triliun.

Baca Juga :   Suara Tembakan Pasukan Rusia Terdengar di Kiev

Total bantuan tersebut berupa peralatan militer seperti sistem artileri, kendaraan lapis baja, kapal nirawak penjagaan pantai, 11 helikopter Mi-17, 18 meriam 155mm, 40.000 amunisi artileri, sejumlah radar, 200 kendaraan lapis baja pengangkut personel, 300 drone Swtichblade dan meriam laras panjang.

Baca Juga :   Ratusan Warga Ukraina Mengungsi ke Rusia

Biden mengatakan, Ukraina sangat perlu mendapat peralatan dalam menghadapi invasi.

“Kita tak bisa istirahat sekarang. Seperti saya yakinkan kepada Presiden Zelenskyy, rakyat Amerika akan terus bersatu dengan rakyat Ukraina yang berani dalam perjuangan mereka memperoleh kebebasan,” kata Biden dalam pernyataan tertulis.

Baca Juga :   Ini yang Bikin Diplomat Rusia di PBB Jenewa Mengundurkan Diri

Juru bicara Departemen Pertahanan AS John Kirby mengatakan selain bantuan sistem pertahanan, Amerika juga melatih pasukan Ukraina yang tidak terbiasa menggunakan peralatan militer canggih.(pia)

MIXADVERT JASAPRO