Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS 3 Kali Setahun, Honorer Terancam Pensiun

JagatBisnis.com –  Pemerintah berencana membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tiga kali dalam setahun. Hal itu dilakukan guna mengurangi kecenderungan pengisian jabatan oleh tenaga honorer di daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, siklus rekrutmen yang dipercepat itu masuk dalam Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN), yang akan disahkan sebelum 28 November 2023.

“Ke depan siklus rekrutmen ASN tidak perlu setahun sekali atau dua kali atau satu kali dalam dua tahun. Tetapi ke depan akan lebih cepat jadi begitu pensiun, mungkin bisa setahun ada tiga kali siklus rekrutmen ASN,” kata Anas di Istana Negara, Rabu (13/9).

Baca Juga :   Pemerintah Diminta Cabut Larangan Bukber

Menurut Anas, jumlah posisi yang dibuka dalam rekrutmen CPNS nantinya berdasarkan jumlah PNS yang akan pensiun. Sehingga, tugas dan fungsi abdi negara sebagai pelayan publik tidak akan mengalami kekosongan.

Selain itu, kekosongan posisi jabatan saat ini banyak diisi tenaga honorer. Hal ini pun menambah beban bagi pemerintah, karena banyak honorer yang belum juga diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), meskipun sudah puluhan tahun mengabdi.

Baca Juga :   Pemerintah Siapkan Bantuan Sosial untuk Atasi Kenaikan Harga Beras, Gelontorkan Bansos Mulai Bulan Depan

“Rekrutmen ASN selama ini kalau ada rekrutmen terhenti siklusnya harus ada ritual rekrutmen tahunan, karena kebutuhan hari ini sudah pensiun. Sementara rekrutmennya masih tahun depan atau 2 tahun lagi, maka kecenderungan di daerah mengisi dengan honorer maka muncullah sekarang honorer banyak sekali,” jelasnya.

Anas menegaskan, rekrutmen CPNS yang dipercepat ini tidak akan mengurangi kualitas SDM aparatur sipil negara. Menurutnya, proses rekrutmen akan tetap dilakukan sesuai prosedur, berupa tahapan tes. Nantinya, proses rekrutmen CPNS juga akan diperkuat dalam aturan turunan RUU ASN.

Baca Juga :   Pemerintah Raih Rp 7,8 T dari Lelang 7 Seri Surat Utang Negara Amidst Volatile Markets

Akibatnya, tenaga honorer di daerah terancam pensiun. Mereka harus segera mengikuti seleksi PPPK atau mencari pekerjaan baru.

Berita ini menarik karena membahas kebijakan baru pemerintah yang akan berdampak besar bagi tenaga honorer. Selain itu, berita ini juga ditulis dengan gaya yang informatif dan mudah dipahami.

Berikut adalah beberapa potensi headline untuk berita ini:

  • Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS 3 Kali Setahun, Honorer Terancam Pensiun
  • Honorer Terancam Pensiun, Rekrutmen CPNS Dipercepat
  • Pemerintah Terapkan Rekrutmen CPNS 3 Kali Setahun untuk Atasi Honorer

(tia)

MIXADVERT JASAPRO