Berita  

Kim Jong Un Menuju Rusia untuk Pertemuan Puncak dengan Putin

Kim Jong Un Dan Vladimir Putin Foto Sprint News Albania

JagatBisnis.comPemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, telah berangkat dengan kereta khusus menuju Rusia untuk menghadiri pertemuan puncak dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Kabar ini pertama kali diungkap oleh media Korea Selatan, yang mengkonfirmasi bahwa Kim Jong Un akan menghadiri pertemuan penting ini.

Kantor berita Rusia, Interfax, melaporkan bahwa Kim Jong Un, yang jarang berpergian ke luar negeri, diharapkan akan mengunjungi wilayah timur jauh Rusia dalam beberapa hari mendatang. Kremlin sendiri telah mengumumkan bahwa Putin akan berada di kota Vladivostok di timur jauh Rusia untuk menghadiri Forum Ekonomi Timur, yang dibuka pada hari Minggu. Meskipun Kremlin belum memberikan rincian lebih lanjut, pertemuan ini diyakini akan menjadi momen penting dalam hubungan antara kedua negara.

Korea Utara adalah salah satu dari sedikit negara yang secara terang-terangan mendukung Rusia sejak invasi ke Ukraina tahun lalu, dan Putin sendiri telah berjanji untuk memperluas hubungan bilateral dengan Korea Utara.

Baca Juga :   Bila Swedia dan Finlandia jadi Anggota NATO, Rusia Ancam Luncurkan Nuklir

Perjalanan terakhir Kim Jong Un ke luar negeri terjadi pada tahun 2019, ketika ia juga mengunjungi Vladivostok dan melakukan pertemuan puncak pertamanya dengan Putin setelah pembicaraan tentang perlucutan senjata nuklir Korea Utara dengan mantan Presiden AS, Donald Trump, yang akhirnya gagal.

Surat kabar Korea Selatan, Chosun Ilbo, melaporkan bahwa Kim Jong Un meninggalkan Pyongyang pada Minggu malam dan diperkirakan akan bertemu dengan Putin paling cepat pada hari Selasa.

Baca Juga :   Memberontak, Tentara Bayaran Rusia Memulai Memasuki Rostov

Sementara itu, media Jepang melaporkan bahwa tindakan keamanan telah ditingkatkan, dan renovasi dilakukan di stasiun kereta utama di kota perbatasan Rusia, Khasan, yang diperkirakan akan menjadi tempat Kim memasuki Rusia.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan memantau perkembangan ini, sementara pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan belum memberikan konfirmasi apapun.

Pertemuan puncak antara Kim dan Putin kemungkinan akan membahas kerja sama militer, termasuk pasokan senjata. Hal ini telah menimbulkan perhatian dari Amerika Serikat, yang telah memperingatkan Korea Utara bahwa ada konsekuensi serius jika mereka memasok senjata ke Rusia yang dapat digunakan di Ukraina.

Baca Juga :   Rusia Bentuk Divisi Khusus Kapal Selam untuk Angkut Torpedo Poseidon

Kedatangan Kim Jong Un ke Rusia sangat dinanti oleh warga Rusia, yang menganggap ini sebagai kesempatan untuk memperkuat hubungan antara kedua negara. Di alun-alun pusat Vladivostok, warga Rusia menyatakan antisipasi mereka terhadap kunjungan Kim dan hubungan yang erat antara Korea Utara dan Rusia.

“Saya pikir kedua negara ini menunjukkan sikap mereka kepada seluruh dunia dan dapat membela diri mereka sendiri. Jadi, ada kesamaan di antara mereka,” kata seorang warga Vladivostok.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO