Buruknya Kualitas Udara di Jakarta Bikin Anak Alami Batuk Pilek

JagatBisnis.comBeberapa anak di Jakarta dan sekitarnya mengalami pilek dan batuk berkepanjangan hingga harus mendapat perawatan di rumah sakit diduga terkait dengan buruknya polusi udara di ibu kota baru-baru ini.

Seorang dokter dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan polusi udara yang buruk ikut “memfasilitasi” kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada anak. IDAI menyebut polusi udara sebagai “pembunuh senyap” yang risikonya mematikan, dan harus ditangani dari sumbernya.

Di sisi lain, pemerintah akan memprioritaskan pembenahan sumber-sumber polutan, dan membentuk komite dalam upaya deteksi, penurunan risiko kesehatan dan adaptasi terhadap polusi udara.

Baca Juga :   Begini Kondisi Jakarta Dalam Sepekan di Tengah Kenaikan Kasus Corona

Saskia, 36 tahun, sudah hampir satu pekan menemani anaknya yang terbaring lemas di atas ranjang rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan. Anak bungsu Saskia yang biasa dipanggil Mika, didiagnosis mengalami peradangan paru-paru [pneumonia] dan bronkitis.

Baca Juga :   Menteri Ketenagakerjaan Mendorong Swasta di Jabodetabek Terapkan Bekerja dari Rumah untuk Atasi Polusi Udara

“Dua Minggu ini mendadak ada demam, naik-turun. Ada pilek, dan ujungnya sampai batuknya membuat dia muntah-muntah,” kata Saskia pada Jumat (18/08).

Menurut dokter yang bercerita kepada Saskia, kesehatan anaknya yang berusia tujuh tahun itu “diperparah kondisinya dengan adanya polusi udara belakangan ini.”

Polutan halus dalam jumlah besar yang bertebaran di langit Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa pekan terakhir juga harus merepotkan Billy Antoro, warga Tangerang, Banten.

Baca Juga :   PPKM Level 1 di Jakarta, Kasus Mulai Terkendali

Ia harus membawa anak bungsunya, Ahmad Literasi, 4 tahun ke instalasi gawat darurat setelah pulang berkunjung ke museum dan tempat pameran di Jakarta.

“Saya menduga ini ada pengaruh polusi udara Jakarta,” kata Billy yang saat itu baru pertama kali kembali ke wilayah Jakarta setelah berbulan-bulan. (tia)

MIXADVERT JASAPRO