Penemuan Fosil Gading Gajah Purba Usia 800.000 Tahun Mendapatkan Kompensasi Rp 1 Juta

gading gajah foto : https://kumparan.com/

JagatBisnis.com -Rudi Hartono (35), seorang warga Dukuh Ngebung, Desa Ngebung, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, telah menemukan sebuah fosil gading gajah purba sepanjang 3,25 meter dengan perkiraan usia 800.000 tahun pada Senin (31/7). Temuan ini telah menarik perhatian pengelola Unit Museum Dayu di Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Pengelola museum, Suwita Nugraha, mengumumkan bahwa sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap penemuan benda bersejarah ini, pihak museum akan memberikan kompensasi sebesar Rp 1 juta kepada Rudi Hartono. Kompensasi ini diberikan sebagai wujud penghargaan terhadap kontribusi Rudi dalam menemukan fosil bersejarah tersebut.

Suwita juga menjelaskan bahwa warga desa setempat diizinkan untuk mengkomersilkan atau menjadikan fosil ini sebagai objek wisata. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu fosil tersebut harus ditetapkan sebagai benda cagar budaya terlebih dahulu sebelum aktivitas komersialisasi atau pemanfaatan sebagai objek wisata dapat dilakukan.

Baca Juga :   Penemuan Fosil Siamang Paling Awal, Bantu Jelaskan Teori Evolusi

Rudi Hartono, sang penemu fosil, merasa senang bahwa temuannya diapresiasi dan mendapatkan kompensasi. Ia juga berharap fosil tersebut dapat kembali ditempatkan di lokasi penemuan dan dijadikan sebagai objek wisata sejarah bagi desa setempat. Ia mendukung ide ini sebagai sebuah program positif yang dapat menghubungkan desa dengan museum dalam mempromosikan sejarah purba dan menjadikan fosil gading gajah purba sebagai atraksi wisata.

Baca Juga :   Penemuan Fosil Siamang Paling Awal, Bantu Jelaskan Teori Evolusi

Dengan adanya temuan fosil gading gajah purba yang berusia 800.000 tahun ini, diharapkan bahwa hal ini dapat meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai sejarah dan kearifan lokal serta merangsang minat wisatawan untuk mengunjungi lokasi tersebut dan mempelajari lebih lanjut tentang sejarah alam purba.

Baca Juga :   Penemuan Fosil Siamang Paling Awal, Bantu Jelaskan Teori Evolusi

(tia)

MIXADVERT JASAPRO