Peringati Hari Mangrove Sedunia, Apical Tanam 3.000 Pohon Mangrove di Jakarta

JagatBisnis.comApical, pengolah minyak nabati terkemuka mempercepat upaya perlindungan ekosistemnya dengan menanam 3.000 mangrove di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Inisiatif ini menggarisbawahi komitmennya dalam memanfaatkan nilai inheren mangrove. Selain itu, meningkatkan kesadaran, mendukung inisiatif konservasi, dan mempromosikan praktik transformatif untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

“Di Hari Mangrove Sedunia ini, aspirasi kami untuk masa depan yang berkelanjutan berpedoman pada prinsip-prinsip bioekonomi. Karena menyelaraskan kemakmuran ekonomi dengan tanggung jawab lingkungan. Maka, dengan memelihara ekosistem yang sehat, kita dapat menjaga berbagai kemungkinan keseimbangan antara kemajuan ekonomi dan kesejahteraan ekologi tercapai secara harmonis,” kata Manager SHE Apical Marunda Indrianto Panji Danan Setiawan dalam keterangannya.

Dia menjelaskan, mangrove telah lama dikenal sebagai penjaga alam terhadap perubahan iklim. Bahkan, Indonesia merupakan rumah bagi sekitar 20 persen mangrove dunia ekosistem mangrove terbesar di dunia.

Baca Juga :   Pentingnya Keberlanjutan di Industri Sawit, Apical dan Asian Agri Edukasi Generasi Muda

“Mangrove memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir dengan bertindak sebagai penghalang alami terhadap erosi, melindungi garis pantai dan masyarakat dari gelombang badai, dan menyediakan habitat bagi spesies laut yang tak terhitung jumlahnya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Apical Group Ajak T.Care Gelar OP Minyak Goreng Rp13.500 Per Liter untuk Warga Jakarta

Dia memaparkan, selama tiga tahun terakhir, pihaknya secara progresif melakukan penanaman pohon dan mangrove di seluruh wilayah operasionalnya di Indonesia. Sampai saat ini, total 12.000 pohon telah ditanam dengan rencana untuk menambah 23.000 pohon lainnya.

“Selain penanaman dan restorasi ekosistem untuk sarana dekarbonisasi, sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan Apical2030. Kami juga telah memetakan berbagai inisiatif untuk memaksimalkan efisiensi sumber daya dan memastikannya berkontribusi positif terhadap lingkungan,”imbuhnya.

Baca Juga :   Mangrove Jakarta Community Kolaborasi dengan Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center Lakukan Observasi Mangrove

Sementara itu, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta Bayu Meghantara menambahkan, mangrove merupakan adalah tanaman yang menarik karena hanya dapat tumbuh di air. Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Mangrove Sedunia ini menjadi edukasi untuk semua pihak, terkait perbaikan ekologi yang ada di Jakarta.

“Semoga tanaman yang ditanam Apical ini tumbuh dengan sehat dan semoga kegiatan ini berlangsung secara berkelanjutan,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO