10 Deretan Film Penyanderaan Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Ilustrasi Film Foto: IDN Times

JagatBisnis.com Film tentang penyanderaan menyajikan aksi yang tidak kalah seru dari film horor dan psikopat karena terdapat adegan yang cukup menegangkan yang dikombinasikan dengan aksi yang memukau.

Dasar ceritanya hampir sama, pelaku penyandera biasanya akan menculik dan menawan korban supaya keinginannya dapat dipenuhi.

Selama penyanderaan, film ini akan membuat penonton ikut berpikir keras metode penyelamatan apa yang akan dilakukan oleh pemeran utama.

Daftar Rekomendasi Film Bertema Penyanderaan
Bagi Anda yang sedang dengan film bertema sandera, berikut adalah 10 rekomendasi film tentang penyanderaan yang wajib ditonton.

1. Die Hard
Film tentang penyanderaan pertama adalah Die Hard, film yang rilis pada tahun 1988 yang diarahkan oleh John McTiernan dan ditulis oleh Jeb Stuart dan Steven E. de Souza, berdasarkan novel Roderick Thorp pada tahun 1979 “Nothing Lasts Forever”.

Sinopsis film ini menceritakan tentang seorang detektif polisi New York, John McClane (Wilis) yang terjebak dalam situasi teroris yang ingin mengambil alih gedung pencakar langit Los Angeles saat mengunjungi istri dan dua putrinya pada Malam Natal.

Die Hard tayang perdana pada 12 Juli 1988 di teater Avco di Los Angeles, California. Di Amerika Utara, film ini hanya ditayangkan di 21 bioskop dan menghasilkan $601.851 keuntungan.

Selama tayang, Die Hard mendapat ulasan positif dari para penonton. Sebagai film dengan jam tayang terbatas, Die Hard menjadi salah satu film yang wajib ditonton pada masanya.

2. Air Force One

Air Force One adalah film thriller aksi politik Amerika Serikat yang rilis pada tahun 1997. Film ini disutradarai dan diproduksi oleh Wolfgang Petersen dan ditulis oleh Andrew W. Marlowe.

Sinopsis film ini menceritakan tentang operasi misi gabungan antara Pasukan Khusus Amerika dan Rusia untuk menangkap Jenderal Radek, diktator rezim neo-Soviet di Kazakhstan.

Tiga minggu setelah misi, Presiden AS, James Marshall menghadiri makan malam diplomatik di Moskow, Rusia. Dalam pertemuan itu, Presiden AS menegaskan tidak akan lagi bernegosiasi dengan teroris.

Baca Juga :   Henry Cavill Kembali Perankan Superman di Film Black Adam

Setelah pertemuan, Marshall dan rombongannya, termasuk istri dan putrinya pulang dengan pesawat Air Force one. Marshall juga mengundang awak pers, termasuk enam loyalis Radek yang menyamar sebagai jurnalis.

Seperti yang dibayangkan, akhirnya loyalis Radek mulai membajak pesawat Air Force One. Staff kepresidenan mulai berupaya menyelamatkan Presiden dan keluarga. Di lain sisi, Presiden juga mendapat tekanan untuk memilih menyelamatkan semua orang atau menyerahkan diri kepada teroris.

Film Air Force One mendapat banyak penghargaan yang membanggakan, salah satunya memenangkan ASCAP Award dalam kategori Top Box Office Films dan Bambi Awards dalam kategori Best Direction dan Best Actor.

3. White House Down

White House Down adalah film aksi thriller politik yang disutradarai oleh Roland Emmerich dan ditulis oleh James Vanderbilt.

Film ini mendapat banyak kritikan dari para kritikus terhadap penulisan skenario dan alur cerita. Meski begitu, film yang dibuat dengan dana $150 juta ini berhasil mendapat keuntungan lebih dari $205 juta di seluruh dunia box office.

Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan tentang penyanderaan Gedung Putih oleh kelompok teroris. Di dalam gedung itu terdapat putri dari perwira Polisi Capitol AS, John Cale (Tatum).

Cale ingin menyelamatkan putrinya tapi di lain sisi dia juga memiliki kewajiban untuk menyelamatkan Presiden AS dari serangan teroris. Dalam sekejap, Cale mulai bingung pilihan mana yang harus dia lakukan, apakah menyelamatkan putrinya atau menyelamatkan Presiden terlebih dahulu.

4. Commando

Commando adalah film aksi Amerika Serikat yang disutradarai oleh Mark L. Lester dan dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger. Film ini terkenal dengan aksi dan humor yang luar biasa, tapi banyak juga yang mengkritik alur cerita film ini.

Sinopsis film ini menceritakan tentang pensiunan prajurit khusus, John Matrix (Schwarzenegger) yang tinggal bersama putrinya dalam isolasi. Namun privasi keluarganya diganggu oleh mantan komandan Franklin Kirby (Olson).

Baca Juga :   Syiar Lewat Film Jadi Media Dakwah Non Konvensional bagi Milienial

Tak lama setelah itu, Kirby pergi dan memberikan ketenangan kepada keluarga kecil Matrix. Namun Jenny, anak Matrix diculik oleh mantan diktator Amerika Latin, Arius yang dendam dengan Matrix.

Sebagai seorang ayah, Matrix ingin menyelamatkan putrinya sambil menjatuhkan power Arius sebagai diktator.

5. London Has Fallen

Rekomendasi film tentang penyanderaan selanjutnya adalah London Has Fallen, film aksi laga Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Babak Najafi dan ditulis oleh Creighton Rothenberger, Katrin Benedikt, Christian Gudegast, dan Chat St. John.

Film ini bercerita tentang para pemimpin terkuat dunia yang berkumpul di London untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Perdana Menteri Inggris.

Dalam situasi yang kondusif, mendadak teroris melepaskan serangan dahsyat yang membuat kota dalam kekacauan.

Agen Secret Service Mike Banning (Gerard Butler) akhirnya ditugaskan untuk menyelamatkan Presiden AS, Benjamin Asher (Aaron Eckhart) yang diculik oleh organisasi jahat.

Sebagai petugas, Banning harus bergegas menyelamatkan Presiden untuk menghindari aksi kejahatan yang mungkin bisa terjadi.

6. The Marine

The Marine adalah film aksi Amerika tahun 2006 yang disutradarai oleh John Bonito dan dibintangi oleh pegulat profesional John Cena.

Film ini menceritakan tentang seorang Marinir AS John Triton (John Cena) yang baru saja diberhentikan dari misi di Irak. Sesampainya dirumah, dia menemukan bahwa istrinya diculik oleh geng pencuri permata.

Akhirnya John Triton menggunakan keterampilan dan pengalaman militernya untuk menyelamatkan istrinya dari geng jahat.

7. Live Free or Die Hard
Live Free or Die Hard adalah film aksi thriller Amerika yang rilis pada tahun 2007. Film ini diadaptasi dari novel karya Roderick Thorp, “Nothing Last Forever” yang rilis pada 1979.

Film ini menceritakan tentang seorang Detektif NYPD John McClane (Bruce Willis) yang ingin mencoba menghentikan aksi teroris dunia maya, Thomas Gabriel (Timothy Olyphant) yang ingin meretas komputer pemerintah dan komersial di seluruh Amerika Serikat.

Thomas Gabriel tidak beraksi sendiri, dia menculik seorang ahli peretas, Matthew Farrel untuk menjalankan misinya. Akhirnya Cyber Security Division menugaskan John McClane untuk pergi ke New Jersey untuk menyelamatkan Matthew Farrell dan menangkap Thomas Gabriel.

Baca Juga :   Sinopsis Fight Back to School III, Aksi Kocak Stephen Chow

8. Skyscraper
Skyscraper adalah film thriller aksi Amerika Serikat tahun 2018 yang ditulis dan disutradarai oleh Rawson Marshall Thurber dan dibintangi oleh Dwayne Johnson.

Film ini menceritakan tentang agen FBI yang sedang bertugas untuk menilai sistem keamanan dari gedung pencakar tertinggi di dunia, Hong Kong.

Saat menjalankan tugas, dia membuat keluarganya untuk melihat gedung tertinggi itu. Namun gedung tertinggi itu terbakar oleh aksi organisasi teroris jahat.

Akhirnya agen FBI mulai melakukan investigasi dan mencari pelaku utama yang bertanggung jawab atas insiden kebakaran dan aksi penculikan tamu-tamu di gedung pencakar.

9. Fargo
Fargo adalah film kriminal komedi gelap yang rilis pada tahun 1996 yang ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Joel dan Ethan Coen. Film ini berbasis realitas berlatar di Minnesota pada tahun 1987.

Film ini menceritakan tentang seorang penjual mobil di Minneapolis yang terlilit hutang. Bukannya mencari pekerjaan lain, dia justru menyewa dua preman untuk menculik istrinya sendiri dengan harapan mertuanya yang kaya akan membayar uang tebusan.

Film ini masuk berhasil mendapat banyak penghargaan di banyak acara. Salah satu penghargaan yang diterima adalah Academy Awards dalam kategori Best Actres dan Best Original Screenplay dan London Film Critics Circle di empat kategori, Film of The Year, Director of the Year, Screenwriter of the Year, dan Actress of the Year.

10. Inside Man

Rekomendasi film tentang penyanderaan yang terakhir adalah Inside Man, film thriller kriminal yang rilis pada tahun 2006.

Film ini menceritakan tentang perampokan bank di Wall Street selama 24 jam. Akhirnya, detektif NYPD (Denzel Washington) harus beradu kecerdasan dengan perampok licik (Clive Owen) saat krisis penyanderaan yang menegangkan berlangsung. (tia)

MIXADVERT JASAPRO