Demi Toleransi, Muhammadiyah Imbau Warganya Sembelih Hewan Kurban Besok

Ilustrasi hewan kurban Foto: Bank Mega Syariah

JagatBisnis.com  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, melaksanakan salat Idul Adha 1444 H di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, hari ini Rabu (28/6).

“Yang deket saja dari rumah dan ini kan kantor PP Muhammadiyah jadi lebih mudah,” kata Muhadjir soal alasannya salat di Gedung PP Muhammadiyah.

Sebelum melaksanakan salat, Muhadjir menyampaikan saran kepada umat Islam yang merayakan Idul Adha hari ini untuk tidak langsung menyembelih hewan kurban. Ia meminta pemotongan hewan kurban mulai dilaksanakan besok, Kamis (29/6).

Baca Juga :   Besok, Arab Saudi Tentukan Awal Zulhijah untuk Tentukan Idul Adha

“Saya menyarankan untuk salat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban,” tutur Muhadjir.

Baca Juga :   Jelang Idul Adha, Polda Tambah Personel di 100 Titik Penyekatan

Hal itu dilakukan agar pemotongan hewan kurban bersamaan dengan yang merayakan Idul Adha besok.

“Jadi penyembelihannya sebaiknya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan salat Idul Adha besok biar kompak,” ujarnya.

Muhadjir juga mengatakan perbedaan penetapan Idul Adha itu merupakan salah satu bentuk toleransi. Perbedaan tersebut tak perlu dipermasalahkan.

Baca Juga :   Pemerintah Resmi Tetapkan Idul Adha pada Kamis 29 Juni 2023

“Kita sudah terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan dan masing-masing punya argumen baik secara syariah maupun secara ilmiah sehingga tidak perlu dipertentangkan yang penting terus kita pupuk semangat persaudaraan berupa ukhuwah islamiyah, watoniah sebagai sebangsa dan setanah air itu yang penting,” tutup dia. (tia)

MIXADVERT JASAPRO