Besok, Arab Saudi Tentukan Awal Zulhijah untuk Tentukan Idul Adha

JagatBisnis.com – Kapan Idul Adha di Arab Saudi dirayakan? Sama seperti Indonesia, Arab Saudi akan menjawabnya pada hari Rabu, 29 Juni 2022. Pada hari itu, Arab Saudi melakukan pengamatan bulan sabit baru atau hilal untuk menentukan awal bulan Zulhijah.

Baca Juga :   MUI: Patuhi Larangan Salat Idul Adha di Masjid

Mengutip Saudi Gazette edisi Selasa (28/6), Mahkamah Agung Arab Saudi menyerukan kepada seluruh umat Islam di negara kerajaan tersebut untuk mengamati hilal awal bulan Zulhijah pada 30 Zulkaidah 1443 H atau bertepatan dengan Rabu petang, 29 Juni 2022.

Mahkamah Agung meminta siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau dengan menggunakan teleskop, untuk melapor ke pengadilan terdekat guna mendaftarkan kesaksiannya.

Baca Juga :   Hari Ini, Jemaah Muhammadiyah di Bandar Lampung Gelar Salat Idul Adha

Pengamatan hilal awal Zulhijah penting untuk menentukan puncak ibadah haji dan juga Idul Adha. Wukuf di Arafah yang merupakan syarat sahnya haji jatuh pada 9 Zulhijah dan Idul Adha jatuh pada 10 Zulhijah.

Baca Juga :   Sapi Kurban Jokowi di Solo Rencananya Hari Ini akan Disembelih

Zulhijah merupakan bulan ke-12 atau terakhir dalam kalender Islam (Hijriah) dan merupakan satu dari empat bulan suci yang penuh keistimewaan. Zulhijah juga biasa disebut bulan haji.(pia)

MIXADVERT JASAPRO