Jokowi Beli Sapi Peternak Muda untuk Kurban Idul Adha 2023

Sapi Presiden Jokowi Foto: Kumparan

JagatBisnis.com –  Presiden RI Joko Widodo membeli sapi milik seorang peternak muda asal Kota Metro, Lampung sebagai hewan kurban pada perayaan Idul Adha 2023. Sapi tersebut merupakan sapi jantan berjenis Simmental Cross dengan berat sekitar 900 kilogram dan dihargai sekitar Rp 100 juta.

M. Akbarudin, pemilik sapi dan peternak dari kelompok ternak Damar Wulan di Kelurahan Purwoasri, Metro Utara, Kota Metro, mengungkapkan bahwa sapi tersebut telah dirawatnya selama satu tahun. Sapi tersebut lahir pada 6 November 2019 dan dibeli dari peternak lokal di Metro. Sapi yang dibeli oleh Presiden Jokowi memiliki warna hitam dengan corak putih pada kepalanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Metro, Lampung, Heri Wiratno menyatakan bahwa sapi ternak yang dibeli oleh Presiden Jokowi akan dikurbankan untuk masyarakat Lampung. Rencananya, sapi tersebut akan diberikan kepada masyarakat Lampung.

Baca Juga :   Digitalisasi BAZNAS Tingkatkan Pengumpulan Kurban 75 Persen

Proses pemilihan sapi yang dibeli oleh Presiden Jokowi dilakukan oleh tim teknis dari Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Lampung bekerja sama dengan Balai Veteriner Lampung. Proses pemilihan tersebut melibatkan beberapa tahapan, termasuk survei lokasi kandang, ternak, dan peternak di beberapa kabupaten, seperti Lampung Selatan, Lampung Tengah, Tulang Bawang, dan Kota Metro.

Baca Juga :   Jokowi Ungkap Masalah Utama di Dunia Pers

Pancawati Wahyu, Kepala Bidang Pembibitan dan Produksi Ternak Disnakeswan Provinsi Lampung, menjelaskan bahwa setelah survei dilakukan, tim teknis menentukan beberapa calon ternak yang akan diuji melalui laboratorium. Uji tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan ternak dan adanya penyakit menular strategis. Dari proses tersebut, sapi milik M. Akbarudin terpilih sebagai calon ternak kurban Presiden Jokowi. Sapi tersebut telah divaksinasi dan dinyatakan sehat oleh pihak terkait.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya eks PM Jepang Shinzo Abe

Ria Andari, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Lampung, menjelaskan bahwa sapi yang dibeli oleh Presiden Jokowi akan diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Mesuji, Lampung. Pemprov Lampung berharap bantuan ternak sapi tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat penerima dan peternak yang terpilih.

Berita ini menggambarkan upaya Presiden Jokowi dalam mendukung peternakan lokal dan memperhatikan kebutuhan masyarakat Lampung, terutama pada perayaan Idul Adha. (tia)

MIXADVERT JASAPRO