Polisi Grebek Persembunyian KKB di Yahukimo

JagatBisnis.comTim gabungan TNI Polri dari Satgas Damai Cartenz dan Polres Yahukimo menggerebek salah satu rumah diduga tempat persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan simpatisan,Selasa (16/5/2023). Lokasi markas itu berada di Jalan Pertanian Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Sebanyak 22 orang warga di Kabupaten Yahukimo, diamankan polisi dan saat ini sedang dalam proses penyidikan.

Baca Juga :   KKB Bakar Mess Karyawan di Ilaga Puncak Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, penggerebekan ini dipimpin Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairooy yang dilakukan tim gabungan di Kompleks Obio pukul 02.54 WIT. Ada dua rumah digerebek diduga tempat persembunyian KKB.

“Dari penggeberekan ini, 22 orang diamankan beserta barang bukti berupa senjata tajam dan senjata tradisional serta senapan angin. Saat ini mereka masih dimintai keterangan penyidik,” katanya, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga :   Sekolah di Intan Jaya Papua Dibakar KKB, Guru Ikut Dianiaya

Sementara itu, Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairooy menjelaskan, penangkapan itu dilakukan sebagai hasil pengembangan dari beberapa aksi pembunuhan yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir di wilayah Yahukimo. Dalam pengamanan tersebut terdapat empat orang pelajar, dua orang mahasiswa, dan tiga orang kepala kampung.

Baca Juga :   Usai Pengesahan Revisi UU Otsus, Polisi Klaim Situasi Papua Kondusif

“Kami akan melaksanakan proses hukum dengan baik dan adil. Jika terbukti, orang-orang yang diamankan tidak bersalah, mereka akan segera dibebaskan. Namun, jika terbukti bersalah, mereka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” paparnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO