Presiden Rusia Serahkan Lukisan Paling Ikonik ke Gereja Ortodoks

Presiden Rusia Vladimir Putin

JagatBisnis.com  Presiden Vladimir Putin menyerahkan lukisan paling terkenal di Rusia, Tritunggal karya Andrei Rublev, ke Gereja Ortodoks.

Informasi itu disampaikan oleh Gereja Ortodoks Moskow pada Senin (15/5). Pemimpin Gereja Ortodoks Rusia Patriark Kirill dikenal sebagai pendukung utama invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam pernyataan resminya Gereja Ortodoks Moskow mengatakan, keputusan Putin menyerahkan lukisan adalah respons dari permintaan pemeluk Ortodoks.

Baca Juga :   Serang Ukraina, Taekwondo Dunia Cabut Sabuk Hitam Vladimir Putin

Mahakarya yang diserahkan Putin, diyakini dilukis di tempat yang sekarang menjadi lokasi Trinity Lavra Santo Sergius. Tempat itu berada di Sergiyev Posad di luar Moskow.

Setelah revolusi Bolshevik, lukisan itu dipindahkan ke Galeri Tretyakov pada 1929, demikian dikutip dari AFP.

Baca Juga :   Federasi Judo Internasional Cabut Status Putin sebagai Presiden Kehormatan

Lukisan Trinity berada dalam jangka waktu lama di sana. Lukisan itu jarang dibawa keluar. Lukisan itu hanya sempat dievakuasi ketika Perang Dunia II pecah.

Pada 2022, lukisan itu dibawa kembali ke Trinity Lavra di Santo Sergius untuk perayaan keagamaan.

Baca Juga :   Alasan Jokowi Undang Putin di G20

Langkah menyerahkan kembali lukisan ke gereja dikritik pakar seni. Mereka menyatakan, lukisan semestinya tetap berada di galeri agar terjaga dengan baik.

Sementara itu, Gereja Ortodoks Moskow menyebut lukisan akan dipamerkan selama setahun di Katedral Kristus Juru Selamat di Moskow. Kemudian lukisan akan dikembalikan ke biara Sergiyev Posad. (tia)

MIXADVERT JASAPRO